langsung aja di lihat lur !!!
semoga bermanfaat...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MTs NU Al-Hikmah Mijen
Kelas/Semester : IX/Ganjil
Materi Pokok : Akhlaq Terpuji Pada Diri Sendiri (Berilmu, Kerja Keras, Kreatif, dan Produktif)
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit (3 x pertemuan)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 : Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 : Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar
1.3 Menghayati nilai berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan.
2.3 Membiasakan perilaku berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam kehidupan sehari-hari
3.3 Memahami pengertian, contoh dan dampak berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dalam fenomena kehidupan.
4.3 Menyajikan kisah-kisah dari fenomena kehidupan tentang dampak positif dari berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
C. Indikator Pencapaian Kompetensi
1.3.1 Menunjukan penghayatan terhadap nilai berilmu, bekerja keras, kreatif dan produktif dalam kehidupan.
2.3.1 Terbiasa berperilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam kehidupan sehari-hari.
3.3.1 Menjelaskan pengertian berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
3.3.2 Menjelaskan contoh dan dampak berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
4.3.1 Menceritakan kisah-kisah dari fenomena kehidupan tentang dampak positif dari berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1. Menunjukan penghayatan terhadap nilai berilmu, bekerja keras, kreatif dan produktif dalam kehidupan dengan benar
2. Terbiasa berperilaku berilmu, kerja keras, kreatif dan produktif dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
3. Menjelaskan pengertian berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dengan benar
4. Menjelaskan contoh dan dampak berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dengan benar
5. Menceritakan kisah-kisah dari fenomena kehidupan tentang dampak positif dari berilmu, kerja keras, kreatif, dan produktif dengan benar
E. Materi Pembelajaran
1. Pengertian Ilmu, Kata Ilmu berasal dari bahasa arab yang berarti pengetahuan, kepandaian tentang sesuatu. Berilmu merupakan kewajiban bagi semua umat manusia di dunia ini, sebab dengan berilmu manusia akan dapat menjawab segala persoalan yang ada.
2. Barangsiapa menginginkan kebahagiaan dunia, wajib baginya mempunyai ilmu. Barangsiapa menginginkan kebahagiaan akhirat, wajib baginya mempunyai ilmu. Barangsiapa menginginkan kebahagiaan keduanya, wajib baginya mempunyai ilmu.
3. Ciri-ciri orang berilmu :
a. Giat belajar dan berdo’a.
b. Selalu berfikir masa depan lebih baik
c. Mempunyai ide-ide cemerlang
d. Berpikir positif
e. Berprasangka baik
f. Menghargai waktu
g. Suka kepada hal-hal yang baru.
4. Perilaku orang yang mencintai ilmu pengetahuan, Menurut QS Ar-Rahman ayat 33.
a. Senang membaca buku-buku pengetahuan sebagai bukti cinta ilmu pengetahuan.
b. Selalu ingin mencari tahu tentang alam semesta, baik di langit maupun di bumi, dengan terus menelaahnya.
c. Meyakini bahwa alam semesta ini diciptakan oleh Allah Swt. untuk manusia. Oleh karena itu, manusia harus merasa haus untuk terus menggali ilmu pengetahuan.
d. Rendah hati atas kesuksesan yang diraihya dan tidak merasa rendah diri dan malu terhadap kegagalan yang dialaminya.
5. Kerja keras yaitu melakukan sesuatu dengan niat yang kuat, sungguh-sungguh, gigih, tidak mengenal lelah, tidak lemah menghadapi cobaan dan selalu bersemangat dalam melakukan pekerjaan
6. Cara membiasakan diri berperilaku kerja keras.
a. Kuatkan niat bahwa kerja keras itu adalah ibadah.
b. Kerjakan sesuatu itu dengan sungguh-sungguh.
c. Jangan menyerah jika menemui kesulitan.
d. Hindari sesuatu yang melanggar agama.
e. Bertawakallah kepada Allah setelah bekerja keras.
7. Kata kreatif berasal dari bahasa inggris create yang berarti menciptaan, creation berarti ciptaan sedangkan kreatif (creative) berarti memiliki daya cipta. Kreatif yaitu seseorang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru. Sedangkan produktif berarti banyak mendatangkan hasil dan banyak menghasilkan sesuatu, kedua sifat tersebut termasuk akhlak karimah yang perlu dimiiki oleh seorang yang ingin maju.
8. Cara menjadi orang kreatif
a. Selalu memiliki rasa ingin tahu (curiositas).
b. Terbuka pada hal-hal yang baru.
c. Berani memikul resiko.
d. Memiliki semangat yang tinggi untuk sukses.
e. Kreatifitas didasari dengan niat yang tulus karena Allah semata.
9. Ciri orang yang berperilaku kreatif.
a. Memiliki jiwa yang dinamis dan profesional
b. Ingin segalanya yang paling lengkap dan sempurna.
c. Memiliki banyak ide dan kemauan
d. Suka memilih hal-hal yang bersifat menantang
e. Selalu mencoba dengan sesuatu yang baru.
10. Produktif yaitu kemampuan seseorang untuk menghasilkan sesuatu atau banyak mendatangkan hasil. Ciri-ciri orang berperilaku produktif:
a. Memiliki disiplin tinggi.
b. Menghargai waktu.
c. Selalu berkarya dalam bidangnya.
d. Tekun dalam bekerja.
e. Konsisten dan pantang menyerah.
f. Selalu ingat kepada Allah SWT.
F. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan Saintific
2. Model
a. Every one is a teacher here (Everyone can be a teacher)
3. Metode
a. Ceramah Interaktif
b. Tanya jawab
G. Media, Alat, dan Sumber
1. Media
a. Buku Paket
b. Worksheet atau lembar kerja (siswa)
c. Lembar penilaian
2. Alat
a. Buku dan bolpoin
b. Papan tulis dan spidol
3. Sumber Belajar
d. Kementerian Agama. 2016. Akidah Akhlak Buku Siswa: Pendekatan Saintifik kurikulum 2013 untuk Siswa Madrasah Tsanawiyah Kelas IX. Jakarta: Kementerian Agama.
e. Buku Akidah Akhlak Kelas IX yang relevan
f. Materi Terkait di Internet, koran dan majalah sesuai kebutuhan.
H. Langkah-langkah Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 2 x 40 menit ) | Waktu | ||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Apersepsi
Ø Iman Kepada Hari Akhir Dan Alam Gaib Yang Berhubungan Dengan Hari Akhir
Motivasi
Ø Berilmu Ø Pentingnya Ilmu Ø Ciri-Ciri Orang Berilmu Ø Perilaku Orang Yang Mencintai Ilmu Pengetahuan.
Pemberian Acuan
| 10 menit | ||||||||||||||
Kegiatan Inti
| 60 menit | ||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) | | ||||||||||||||
Kegiatan Penutup Peserta didik :
Ø Peserta didik di minta merenungkan kembali tentang materi yang telah dipelajari dengan cara membuat peta konsep, rangkuman/kesimpulan dipandu oleh guru.
Guru :
| 10 menit |
2. Pertemuan Ke- 2 ( 2 x 40 menit ) | Waktu | ||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Apersepsi
Ø Berilmu Ø Pentingnya Ilmu Ø Ciri-Ciri Orang Berilmu Ø Perilaku Orang Yang Mencintai Ilmu Pengetahuan.
Motivasi
Ø Kerja Keras Ø Cara Membiasakan Diri Berperilaku Kerja Keras. Ø Hikmah Bagi Orang Yang Suka Bekerja Keras
Pemberian Acuan
| 10 menit | ||||||||||||||
Kegiatan Inti
| 60 menit | ||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) | | ||||||||||||||
Kegiatan Penutup Peserta didik :
Ø Peserta didik di minta merenungkan kembali tentang materi yang telah dipelajari dengan cara membuat peta konsep, rangkuman/kesimpulan dipandu oleh guru.
Guru :
| 10 menit |
3. Pertemuan Ke- 3 ( 2 x 40 menit ) | Waktu | ||||||||||||||
Kegiatan Pendahuluan Guru : Orientasi v Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran v Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin v Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran. Apersepsi
Ø Kerja Keras Ø Cara Membiasakan Diri Berperilaku Kerja Keras. Ø Hikmah Bagi Orang Yang Suka Bekerja Keras
Motivasi
Ø Kreatif Ø Produktif
Pemberian Acuan
| 10 menit | ||||||||||||||
Kegiatan Inti
| 60 menit | ||||||||||||||
Catatan : Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan) | | ||||||||||||||
Kegiatan Penutup Peserta didik :
Ø Peserta didik di minta merenungkan kembali tentang materi yang telah dipelajari dengan cara membuat peta konsep, rangkuman/kesimpulan dipandu oleh guru.
Guru :
| 10 menit |
I. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a. Sikap
1) Penilaian Observasi, Mengamati sikap peserta didik dalam melakukan diskusi yang mencakup kesantunan, percaya diri dan kemampuan bermusyawarah
2) Penilaian Diri (self assessment)
3) Penilaian Teman Sebaya (peer assessment)
4) Penilaian Jurnal (anecdotal record)
b. Pengetahuan
1) Tes Tertulis Uraian atau Pilihan Ganda, Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa tentang Akhlaq Terpuji Pada Diri Sendiri (Berilmu, Kerja Keras, Kreatif, Dan Produktif)
2) Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan.
3) Penugasan, Membuat kesimpulan tentang Akhlaq Terpuji Pada Diri Sendiri (Berilmu, Kerja Keras, Kreatif, Dan Produktif)
c. Keterampilan
1) Penilaian Unjuk Kerja, Praktik/Kinerja Kemampuan berdiskusi sesuai perannya tentang Akhlaq Terpuji Pada Diri Sendiri (Berilmu, Kerja Keras, Kreatif, Dan Produktif)
2) Penilaian Proyek,
3) Penilaian Produk,
4) Penilaian Portofolio
5) Penilaian Tertulis
2. Instrumen Penilaian
a. Pertemuan Pertama
b. Pertemuan Kedua
c. Pertemuan Ketiga
LEMBAR PENGAMATAN PENILAIAN SIKAP
PENILAIAN OBSERVASI
Rubrik:
Indikator sikap aktif dalam pembelajaran:
1. Kurang baik jika menunjukkan sama sekali tidak ambil bagian dalam pembelajaran
2. Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam pembelajaran tetapi belum ajeg/konsisten
4. Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator sikap bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
1. Kurang baik jika sama sekali tidak berusaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok.
2. Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bekerjasama dalam kegiatan kelompok tetapi masih belum ajeg/konsisten.
4. Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha bekerjasama dalam kegiatan kelompok secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Indikator sikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
1. Kurang baik jika sama sekali tidak bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif.
2. Cukup jika menunjukkan ada sedikit usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten
3. Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif tetapi masuih belum ajeg/konsisten.
4. Sangat baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk bersikap toleran terhadap proses pemecahan masalah yang berbeda dan kreatif secara terus menerus dan ajeg/konsisten.
Bubuhkan tanda √pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
Tabel 1 (lihat lampiran)
REKAPITULASI PENILAIAN SIKAP – OBSERVASI
NO | NAMA SISWA | SIKAP | Skor Rata-rata | ||||||
Tanggung Jawab | Jujur | Pedul | Kerja Sama | Santun | Percaya Diri | Disiplin | |||
1 | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | |
Lembar Penilaian Sikap - Observasi pada Kegiatan Praktikum | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran : ………….. Kelas/Semester : ………….. Topik/Subtopik : ………….. Indikator : Peserta didik menunjukkan perilaku ilmiah disiplin, tanggung jawab, jujur, teliti dalam melakukan percobaan ……………………………………..
Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut. 4 = sangat baik 3 = baik 2 = cukup 1 = kurang |
Lembar Penilaian Sikap - Observasi pada Kegiatan Diskusi | ||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran : ………….. Kelas/Semester : ………….. Topik/Subtopik : ………….. Indikator : Peserta didik menunjukkan perilaku kerja sama, santun, toleran, responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
Kolom Aspek perilaku diisi dengan angka yang sesuai dengan kriteria berikut. 4 = sangat baik 3 = baik 2 = cukup 1 = kurang |
LEMBAR PENILAIAN SIKAP – DIRI
PENILAIAN DIRI | |||||||||||
| |||||||||||
Untuk pertanyaan 1 sampai dengan 6, tulis masing-masing huruf sesuai dengan pendapatmu! | |||||||||||
A = Selalu B = Sering C = Jarang D = Tidak pernah | |||||||||||
1 | | Saya memiliki motivasi dalam diri saya sendiri selama proses pembelajaran | |||||||||
2 | | Saya bekerjasama dalam menyelesaikan tugas kelompok | |||||||||
3 | | Saya menunjukkan sikap konsisten dalam proses pembelajaran | |||||||||
4 | | Saya menunjukkan sikap disiplin dalam menyelesaikan tugas individu maupun kelompok | |||||||||
5 | | Saya menunjukkan rasa percaya diri dalam mengemukakan gagasan, bertanya, atau menyajikan hasil diskusi | |||||||||
6 | | Saya menunjukkan sikap toleransi dan saling menghargai terhadap perbedaan pendapat/cara dalam menyelesaikan masalah | |||||||||
7 | | Saya menunjukan sikap positip (individu dan social) dalam diskusi kelompok | |||||||||
8 | | Saya menunjukkan sikap ilmiah pada saat melaksanakan studi literatur atau pencarian informasi | |||||||||
9 | | Saya menunjukkan perilaku dan sikap menerima, menghargai, dan melaksanakan kejujuran, kerja keras, disiplin dan tanggung jawab | |||||||||
7 . | Selama kegiatan pembelajaran, tugas apa yang kamu lakukan? .................................................................................................................................................... .................................................................................................................................................... .................................................................................................................................................... .................................................................................................................................................... .................................................................................................................................................... .................................................................................................................................................... .................................................................................................................................................... .................................................................................................................................................... .................................................................................................................................................... .................................................................................................................................................... |
Pedoman Penskoran: Skor 4, jika A = Selalu
Skor 3, jika B = Sering
Skor 2, jika C = Jarang
Skor 1, jika D = Tidak pernah
Skor Perolehan =
Penilaian Sikap - Diri setelah peserta didik selesai belajar satu KD | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Topik : …………………. Nama : ………………… Kelas : ………………… Setelah mempelajari materi ……………………., Anda dapat melakukan penilaian diri dengan cara memberikan tanda V pada kolom yang tersedia sesuai dengan kemampuan
REKAPITULASI PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK Mata Pelajaran : ........................................... Topik/Materi : ........................................... Kelas : ...........................................
Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus: 𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖= x100 |
Penilaian Sikap - Diri setelah melaksanakan suatu tugas | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Topik : …………………. Nama : ………………… Kelas : ………………… Bacalah baik-baik setiap pernyataan dan berilah tanda V pada kolom yang sesuai dengan keadaan dirimu yang sebenarnya.
skor :YA=2, Tidak =1 REKAPITULASI PENILAIAN DIRI PESERTA DIDIK Mata Pelajaran : ........................................... Topik/Materi : ........................................... Kelas : ...........................................
Nilai peserta didik dapat menggunakan rumus: 𝑁𝑖𝑙𝑎𝑖= x100 |
Penilaian Sikap - Antar Peserta Didik | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Mata Pelajaran : ………….. Kelas/Semester : ………….. Topik/Subtopik : ………….. Indikator : Peserta didik menunjukkan perilaku kerja sama, santun, toleran, responsif dan proaktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan.
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN TERTULIS
(Bentuk Uraian)
Soal Tes Uraian
1. Tulislah dalil tentang kewajiban menuntut ilmu! (Skor 2)
2. Apakah ciri-ciri orang yang berimu? (Skor 2)
3. Kenapa orang yang suka bekerja keras akan menemui kebahagiaan hidup? (Skor 2)
4. Tulislah ciri-ciri orang yang produktif! (Skor 2)
5. Tuliskan sebuah contoh perilaku orang yang memiliki akhlak terpuji kreatif dan inovatif! (Skor 2)
Nilai =
Penilaian Pengetahuan - Tes Tulis Uraian | ||||||||||||
Topik : …………………. Indikator : ………………….. Soal : …………………. a. …………………. b. …………………. Jawaban : a. …………………
Pedoman Penskoran
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN -TERTULIS
(Pilihan Ganda)
Pilih Satu Jawaban yang paling tepat !
Kerjakan Soal di bawah ini dengan benar!
1. Dalam bahasa arab orang yang memiliki ilmu disebut …
a. Alim b. Amir c. ‘Aqil d. Amin
2. Menuntut ilmu dalam Islam hukumnya …
a. Makruh c. Sunah
b. Haram d. Wajib
3. Berikut ciri-ciri otrang yang memiliki ilmu pengetahuan, kecuali …
a. Berpikir positif c. Menghargai waktu
b. Hidupnya pesimis d. Suka kepada hal-hal yang baru
4. Tidak akan ada perubahan yang lebih baik selama seseorang tidak mau berusaha untuk merubahnya sendiri. Kalimat ini senada dengan isi Al-Qur’an surat dan ayat …
a. QS. Ar-Ra’d: 10 c. QS. Ar-Rahman: 11
b. QS. Ar-Ra’d: 11 d. QS. Ar-Rahman: 10
5. Melakukan sesuatu dengan niat yang kuat, sungguh-sunggu, gigih, tidak mengenal lelah tidak lemah menghadapi cobaan dan selalu bersemangat dalam melakukan pekerjaan, merupakan arti…
a. Kerja keras c. Kreatif
b. Produktif d. Berilmu
6. Berikut ini yang tidak termasuk ciri-ciri orang memiliki perilaku kerja keras …
a. Memiliki jiwa yang dinamis dan profesionan
b. Memiliki banyak ide dan kemauan
c. Suka memilih hal-hal yang bersifat menantang
d. Selalu berkarya dalam bidangnya
7. Seseorang yang memiliki kemampuan untuk menciptakan atau menghasilkan sesuatu yang baru, arti…
a. Kerja keras c. Kreatif
b. Produktif d. Berilmu
8. Berikut cara menjadi orang yang berperilaku kreatif, kecuali…
a. Selalu memiliki rasa ingin tahu (curiositas)
b. Terbuka pada hal-hal baru
c. Berani memikul resiko
d. Selalu berkarya pada bidang
9. Kemampuan seseorang untuk menghasilkan sesuatu atau banyak mendatangkan hasil, adalah arti …
a. Inisiatif c. Kreatif
b. Inovatif d. Produktif
10. Berikut ciri-ciri orang memiliki perilaku produktif…
a. Giat belajar dan berdoa.
b. Mempunyai ide-ide cemerlang
c. Selalu berfiir masa depan lebih baik.
d. Selalu berkarya dalam bidangnya.
Nilai =
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
Observasi terhadap Diskusi Tanya Jawab dan Percakapan
KELAS : . ……………..
No | Nama Peserta Didik | Pernyataan | |||||||
Pengungkapan gagasan yang orisinil | Kebenaran Konsep | Ketepatan penggunaan istilah | Dan lain sebaginya | ||||||
Ya | Tidak | Ya | Tidak | Ya | Tidak | Ya | Tidak | ||
1 | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | |
Penilaian pengetahuan - Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
|
LEMBAR PENILAIAN PENGETAHUAN
PENILAIAN PENUGASAN
Penilaian Pengetahuan - Penugasan |
Mengidentifikasi ……………………. Tugas : Menyusun laporan hasil percobaan tentang cara kerja …………………….secara tertulis dengan berbagai media. Indikator : membuat laporan hasil percobaan cara kerja ……………………. Langkah Tugas : 1. Lakukan observasi ke pasar atau tempat lainnya untuk mendapatkan informasi mengenai ……………………. 2. Datalah yang kamu dapatkan dalam bentuk tabel yang berisi ……………………., …………………….. 3. Diskusikan hasil observasi yang kamu lakukan beersama teman-temanmu untuk menjawab pertanyaan berikut: a. Jenis …………………….apa yang paling banyak kamu temukan dipasaran? b. Bagaimana yang terjadi? c. Keuntungan apa yang diperoleh dalam kehidupan? 4. Tuliskan hasil kegiatannmu dalam bentuk laporan dan dikumpulkan serta dipresentasikan pada kegiatan pembelajaran berikutnya |
Rubrik Penilaian
No. | Kriteria | Kelompok | ||||||||
9 | 8 | 7 | 6 | 5 | 4 | 3 | 2 | 1 | ||
1 | Kesesuaian dengan konsep dan prinsip bidang studi | | | | | | | | | |
2 | Ketepatan memilih bahan | | | | | | | | | |
3 | Kreativitas | | | | | | | | | |
4 | Ketepatan waktu pengumpulan tugas | | | | | | | | | |
5 | Kerapihan hasil | | | | | | | | | |
| Jumlah skor | | | | | | | | | |
Keterangan: 4 = sangat baik, 3 = baik, 2 = cukup baik, 1= kurang baik
NilaiPerolehan =
3. Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
Remedial
Peserta didik yang sudah menguasai materi, diharuskan mengerjakan soal pengayaan materi akhlaq terpuji pada diri sendiri.yang telah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
Pengayaan
Peserta didik yang belum menguasai materi akan diberikan perlakuan khusus berupa (pilih salah satu):
a. Peer teaching yaitu belajar dengan teman sebaya,lalu guru melakuakan penilaian ulang akan dijelaskan kembali oleh guru materi akhlak terpuji pada diri sendiri yaitu berilmu,kerja keras,produktif,dan kreatif. Guru akan melakukan penilaian kembali, dengan soal yang sejenis atau
b. Guru memberikan tugas individu merangkum materi taat, ikhlas, khauf, dan taubat Remedial dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan, boleh di luar jam pelajaran (30 menit setelah pulang jam pelajaran selesai).
Mengetahui, Semarang, 30 Agustus 2017
KEPALA SEKOLAH Guru PAI
SIWI PAMBUDIDOYO S.Pd. AFIDATUL KHOIRIYAH, S.Ag.
0 komentar:
Post a Comment