RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MTs NU Al-Hikmah Mijen
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas/Semester : VII/1
Materi Pokok : AKIDAH ISLAM
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit (1 x Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI 1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar Dan Indikator
Kompetensi Dasar | Indikator |
1.1. Menghayati nilai-nilai akidah Islam | 1.1.1 Berperilaku sesuai dengan nilai-nilai akidah Islam |
2.1 Menampilkan perilaku orang yang mengimani akidah Islam dalam kehidupan sehari-hari | 2.1.1 Berperilaku sebagai orang yang mengimani akidah Islam dalam kehidupan sehari-hari |
3.1. Memahami dalil, dasar dan tujuan akidah Islam | 3.1.1. Menjelaskan pengertian akidah Islam 3.1.2. Membaca dalil tentang akidah Islam 3.1.3. Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam 3.1.4. Menjelaskan hubungan unsur-unsur akidah Islam (iman, Islam, dan ihsan) |
4.1. Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam | 4.1.1. Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam. |
C. Tujuan Pembelajran
Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:
1. Berperilaku sesuai dengan nilai-nilai akidah Islam dengan benar
2. Berperilaku sebagai orang yang mengimani akidah Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan benar
3. Menjelaskan pengertian akidah Islam dengan benar
4. Membaca dalil tentang akidah Islam dengan benar
5. Menjelaskan dasar dan tujuan akidah Islam dengan benar
6. Menjelaskan hubungan unsur-unsur akidah Islam (iman, Islam, dan ihsan) dengan benar
7. Menyajikan fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam dengan benar
D. Materi Ajar
1. Pengertian Akidah Islam
Akidah secara bahasa berasal dari kata (‘aqada-ya’qidu-aqidatan) yang berarti ikatan, atau perjanjian. Secara istilah adalah keyakinan hati atas sesuatu. Akidah Islam (al-akidah al-Islamiyah) bisa diartikan sebagai pokok-pokok kepercayaan yang harus diyakini kebenarannya oleh setiap orang yang mengaku dirinya beragama Islam (Muslim).
Ketika seseorang berakidah Islam, maka pondasi awal untuk membangun akidah/keyakinannya adalah keyakinan terhadap Allah sebagai tuhan yang wajib disembah, Maha Esa, Pencipta dan Pengatur alam semesta, dan Zat Ghaib yang merupakan sumber dari segala hal, termasuk juga kewajiban menjalankan aturan-aturanNya dalam segala aspek kehidupan baik yang berhubungan dengan ibadah ataupun muamalah yang erat hubungannya dengan interaksi dengan sesama makhuk. Oleh karennanya, misi pertama yang diemban oeh tiap Rasul untuk disampaikan kepada umat manusia adalah konsep ketuhanan ini. Sebagaimana firman Allah Swt., dalam QS. An-Nahl: 36 yang artinya “Dan sungguhnya kami telah mengutus Rasul pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): “Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu”, maka di antara umat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula di antaranya orang-orang yang telah pasti kesesatan baginya. Maka berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan (Rasul-rasul)”.
Begitulah, konsep ketuhanan yang harus diyakini oleh seseorang yang mengaku berakidah Islam, mentauhidkanNya tanpa ada keraguan sedikitpun didalamnya.
2. Dasar-Dasar Akidah Islam
Akidah Islam adalah sesuatu yang bersifat tauqifi, artinya suatu ajaran yang hanya dapat ditetapkan dengan adanya dalil dari Allah dan Rasul-Nya. Maka, sumber ajaran akidah Islam adalah terbatas pada al-Qur’an dan Sunnah saja. Karena, tidak ada yang lebih tahu tentang Allah kecuali Allah itu sendiri, kemudian Rasulullah SAW. selaku pengemban wahyu dari Allah SWT. Baru kemudian pendapat para ulama yang otonitatif yang dinyatakan oleh Rasulullah sebagai pewarisnya.
a. Al-Qur’an
Di dalam al-Qur’an banyak terdapat ayat-ayat yang berisi tentang tauhid, diantaranya adalah Qs. Al-Ikhlas ayat 1-4.
b. Al-Hadis
Hadis ialah segala ucapan, perbuatan, dan takrir (sikap diam) Nabi Muhammad Saw. Islam telah menegaskan bahwa hadis menjadi sumber hukum Islam kedua (setelah Al-Qur’an), baik sumber hukum dalam akidah maupun dalam semua persoalan hidup. Hal ini dikarenakan semua yang disandarkan kepada Nabi adalah wahyu Allah, bukan sekedar memperturutkan hawa nafsu.
Adapun hadis yang menjelaskan tentang akdah adalah sebagai berikut, “Dari Abu Hurairah Ra. berkata: bahwa Nabi SAW pada suatu hari bersama dengan para sahabat, lalu datang Malaikat Jibril as yang kemudian bertanya: “Apakah iman itu?” Nabi SAW menjawab: “ Iman adalah kamu beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, pertemuan dengan-Nya, Rasul-rasul-Nya, dan kamu beriman kepada Hari Berbangkit” (H.R. Bukhari).
3. Tujuan Akidah Islam
a. Mengetahui petunjuk hidup yang benar serta dapat membedakan yang benar dan yang salah.
b. Memupuk dan mengembangkan dasar ketuhanan yang ada sejak lahir.
c. Memelihara manusia dari kesyirikan
d. Menghindari diri dari pengaruh akal pikiran yang menyesatkan.
4. Hubungan Iman, Islam, dan Ihsan
Ada tiga unsur pokok dalam akidah Islam yang tidak bisa dipisahkan satu dengan yang lainnya. Artinya, jika seseorang mengaku berakidah Islam atau lebih mudahnya dia mengaku sebagai muslim, maka harus ada tiga unsur pokok ini didalam dirinya, yaitu Islam, Iman, dan Ihsan. Ketiganya mempunyai hubungan yang sangat erat.
a. Islam
Kata Islam berasal dari bahasa Arab, yaitu
E. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | Orientasi Mengucapkan salam, berdo’a, mengabsen dan mengkondisikan kelas. Apersepsi Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang hal-hal yang berkaitandengan materi Akidah Islamiyah yang diketahui peserta didik. Motivasi Peserta didik diberi penjelasan tentang manfaat mempelajari akidah Islambagi kehidupanyang akan dipelajari Pemberian Acuan · Guru menyampaikan tujuan pembelajaran · Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok · Peserta didik menyimak mekanisme pelaksanaan pembelajaran | 10 menit |
Inti | Mengamati · Peserta didikmemperhatikan dan merenungkan kisah Nabi Ibrohim a.s mencari tuhan dan contoh gambar, video atau fenomena tentang kebenaran akidah Islam yang ada pada rubrik “Amati dan Perhatikan” · Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang kisah dan gambar yang diamati Mempertanyakan · Peserta didik menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang ada dibenakanya hasil dari pengamatan pada kolom “Penasaran”. · Peserta didik bertanya jawab tentang pengertian akidah Islam · Peserta didik bertanya jawab tentang dalil akidah Islam · Peserta didik bertanya jawab tentang dasar-dasar akidah Islam Mengeksplorasi · Peserta didik membaca materi/pemahaman konsep pada rubrik “Buka Cakrawalamu!” · Peserta didik mengidentifikasi pengertian akidah Islam · Peserta didik mengidentifikasi dalil akidah Islam · Peserta didik mengidentifikasi dasar-dasar akidah Islam Mengasosiasikan · Peserta didik melakukan kegiatan dalam rubrik “Kembangkan Wawasanmu!” · Peserta didik menyimpulkan pengertian akidah Islam · Peserta didik menuliskan dalil akidah Islam · Peserta didik menuliskan simpulan tentang dasar-dasar akidah Islam Mengkomunikasikan · Peserta didik mengerjakan soal-soal pilihan ganda untuk menguatkan pemahaman konsep · Peserta didik menjelaskan pengertian akidah Islam · Peserta didik menyebutkan dalil akidah Islam · Peserta didik menjelaskan dasar-dasar akidah Islam | 60 menit |
Penutup | · Guru membuat simpulan tentang materi ajar. · Guru mengadakan evaluasi. · Guru menugaskan peserta didik mencari materi tentang akidah Islam dari berbagai sumber (buku, majalah, internet, narasumber) sebagai refleksi. · Guru menyebutkan materi yang akan dipelajari selanjutnya · Bersama-sama menutup pembelajaran dengan do’a dan salam. | 10 menit |
Pertemuan ke-2
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | Orientasi Mengucapkan salam, berdo’a, mengabsen dan mengkondisikan kelas. Apersepsi Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang hal-hal yang berkaitan dengan materi Akidah Islamiyah yang telah dipelajari peserta didik pada pertemuan sebelumnya. Motivasi Peserta didik diberi penjelasan tentang manfaat mempelajari akidah Islam bagi kehidupanyang akan dipelajari Pemberian Acuan · Guru menyampaikan tujuan pembelajaran · Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok · Peserta didik menyimak mekanisme pelaksanaan pembelajaran | 10 menit |
Inti | Mengamati · Peserta didik memperhatikan dan merenungkan contoh gambar, video atau fenomena tentang kebenaran akidah Islam yang ada pada rubrik “Amati dan Perhatikan” · Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang gambar yang diamati Mempertanyakan · Peserta didik menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang ada dibenakanya hasil dari pengamatan pada kolom “Penasaran”. · Peserta didik bertanya jawab tentang tujuan akidah Islam · Peserta didik bertanya jawab tentang hubungan unsur-unsur akidah Islam (iman, islam,dan ihsan) Mengeksplorasi · Peserta didik membaca materi/pemahaman konsep pada rubrik “Buka Cakrawalamu!” · Peserta didik mengidentifikasi tujuan akidah Islam · Peserta didik mengidentifikasi hubungan unsur-unsur akidah Islam (iman, islam,dan ihsan) Mengasosiasikan · Peserta didik melakukan kegiatan dalam rubrik “Kembangkan Wawasanmu!” · Peserta didik menyimpulkan tujuan akidah Islam · Peserta didik menuliskan simpulan tentang hubungan unsur-unsur akidah Islam (iman, islam,dan ihsan) Mengkomunikasikan · Peserta didik mengerjakan soal-soal essay untuk menguatkan pemahaman konsep · Peserta didik menjelaskan tujuan akidah Islam · Peserta didik menjelaskan hubungan unsur-unsur akidah Islam (iman, islam,dan ihsan) | 60 menit |
Penutup | · Guru membuat simpulan tentang materi ajar. · Guru mengadakan evaluasi. · Guru menugaskan peserta didik mencari materi dan bukti tentang kebenaran akidah Islamdari berbagai sumber (buku, majalah, internet, narasumber) sebagai refleksi. · Guru menyebutkan materi yang akan dipelajari selanjutnya · Bersama-sama menutup pembelajaran dengan do’a dan salam. | 10 menit |
Pertemuan ke-3
Kegiatan | Deskripsi | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | Orientasi Mengucapkan salam, berdo’a, mengabsen dan mengkondisikan kelas. Apersepsi Guru mengajukan pertanyaan secara komunikatif tentang hal-hal yang berkaitan dengan materi Akidah Islamiyah yang telah dipelajari peserta didik pada pertemuan sebelumnya. Motivasi Peserta didik diberi penjelasan tentang manfaat mempelajari akidah Islam bagi kehidupanyang akan dipelajari Pemberian Acuan · Guru menyampaikan tujuan pembelajaran · Peserta didik dibagi ke dalam beberapa kelompok · Peserta didik menyimak mekanisme pelaksanaan pembelajaran | 10 menit |
Inti | Mengamati · Peserta didik memperhatikan dan merenungkan contoh gambar, video atau fenomena tentang kebenaran akidah Islam yang ada pada rubrik “Amati dan Perhatikan” · Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang gambar yang diamati Mempertanyakan · Peserta didik menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang ada dibenakanya hasil dari pengamatan pada kolom “Penasaran”. · Peserta didik bertanya jawab tentang akidah Islam · Peserta didik bertanya jawab tentang fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam Mengeksplorasi · Peserta didik membaca materi/pemahaman konsep pada rubrik “Buka Cakrawalamu!” · Peserta didik mengidentifikasi penjelasan akidah Islam · Peserta didik mengidentifikasi contoh fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam Mengasosiasikan · Guru menyuruh peserta didik untuk menalar materi yang telah dipelajari. · Peserta didik melakukan kegiatan dalam rubrik “Kembangkan Wawasanmu!” dengan berdiskusi secara berkelompok · Peserta didik menuliskan hasil simpulan diskusi kelompok Mengkomunikasikan · Peserta didik menyajikan fakta dan fenomena kebenaran akidah Islam · Peserta didik memamerkan hasil diskusinya pada dinding atau papan pameran kelas · Peserta didik kelompok lain menilai hasil diskusi kelompok lain dari segi ketepatan jawaban, kelengkapan contoh dan kejujuran pendapat. · Tiap kelompok melakukan tanya jawab sederhana mengomentari hasil diskusi kelompok lain · Guru memberi reward kepada seluruh kelompok · Guru memberikan penjelasan tambahan dan penguatan terhadap hasil diskusi | 60 menit |
Penutup | · Guru bertanya kepada peserta didiktentang manfaat/hikmah mempelajari materi akidah Islamiyah · Guru membimbing peserta didik untuk menyimpulkan materi ajar. · Guru menugaskan peserta didik secara jujur mengisi kolom pada rubriki “Refleksi”. · Guru mengadakan evaluasi. · Guru menyebutkan materi yang akan dipelajari selanjutnya · Bersama-sama menutup pembelajaran dengan do’a dan salam. | 10 menit |
F. Media, Alat dan Sumber Belajar
1. Media dan Alat :
§ Multimedia ICT
§ Contoh gambar, video atau fenomena dalam kehidupan sehari-hari yang menunjukkan kebenaran akidah Islam
2. Sumber:
§ Mushaf Al-Qur’an dan terjemahanya
§ Buku Akidah Akhlak Pedoman Guru Kelas VII Kemenag RI 2014
§ Buku Akidah Akhlak Siswa Kelas VII Kemenag RI 2014
G. Penilaian
1) Jenis/teknik penilaian
§ Kompetensi Sikap : Observasi
§ Kompetensi Pengetahuan : Tes Tulis dan Lisan
§ Kompetensi Keterampilan : Unjuk Kerja (Performance)
2) Bentuk dan Instrumen Penilaian :
- Kompetensi Sikap:
Lembar Pengamatan Sikap :
No | Nama | Religius | Disiplin | Tanggung jawab | Santun | Jumlah skor | ||||||||||||
SB | B | C | K | SB | B | C | K | SB | B | C | K | SB | B | C | K | | ||
1 | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Dst | | | | | | | | | | | | | | | | | | |
Rubrik :
Tingkat penguasaan nilai | Deskripsi | Skor |
K (Kurang) | jika belum memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator | 1 |
C (Cukup) | jika sudah mulai memperlihatkan tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten | 2 |
B (Baik) | jika sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten | 3 |
SB (Sangat Baik) | jika terus menerus konsisten memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator | 4 |
Nilai = Jumlah Nilai Skor Yang diperoleh x100 Jumlah Skor maksimal |
b. Kompetensi Pengetahuan:
· Soal Tes Tuis : Pilihan ganda
Pilihlah jawaban yang tepat!
1. Arti Akidah menurut bahasa adalah . . . .
a. keterkaitan c. pernyataan
b. ikatan yang kukuh d. kemantapan hati
2. Diantara salah satu pokok akidah Islam adalah . . . .
a. berlaku jujur c. berbakti kepada orang tua
b. berlaku adil d. percaya kepada qodlo dan qodar
3. Pada hakekatnya orang yang telah berakidah berarti telah berjanji, sedangkan orang yang berjanji berarti . . . .
a. mengikat diri dengan janji tersebut
b. tidak mungkin akan mengingkari janjinya
c. berusaha untuk menepati janji yang telah diucapkan
d. membebaskan diri dari sesuatu yang telah dijanjikan
4. Akidah yang dimiliki seseorang dapat menentukan . . . .
a. kedudukannya c. sikap dan perilaku
b. kemantapan hatinya d. jenis perbuatan yang dilakukan
5. Akidah Islam tersimpul dalam bacaan . . . .
a. kalimat toyibah c. tasbih dan tahmid
b. istighfar dan takbir d. dua kalimat syahadat
6. pokok-pokok kepercayaan dalam Islam terdiri dari . . . . . perkara.
a. tiga c. lima
b. empat d. Enam
7. Akidah Islam memiliki landasan hukum yang kuat, yakni . . . .
a. akhlaqul karimah c. ijmak, dan qiyas
b. Al-Quran dan hadits ijtihat, d. Al-Quran, hadits, dan ijmak
8. Akidah Islam membimbing umatnya agar . . . .
a. sejahtera hidupnya
b. hidupnya diridhoi Allah Swt.
c. tetap sehat jasmani dan rohani
d. dapat menentukan jalan hidupnya
9. Islam disebut agama tauhid karena . . . .
a. Allah Swt.menguasai alam semesta
b. mengajarkan bahwa Allah Swt.Maha Esa
c. tidak mengajarkan kepada manusia tentang berhala
d. mengajarkan adanya Allah Swt.sebagai pencipta alam semesta
10. Menurut Islam, orang yang tidak memiliki akidah Islam dinyatakan . . .
a. munafik
b. kafir dan tersesat
c. hanya mendapatkan bau jannah
d. orang yang kebingungan dalam hidupnya
11. Islam membimbing manusia agar kembali kepada fitrahnya, yakni . . . .
a. ber-Tuhan secara jelas
b. tidak tersesat jalannya
c. ber-Tuhan kepada Allah Swt.
d. memiliki kepercayaan yang jelas
12. Salah satu perbuatan syirik yaitu . . . .
a. berjudi c. mengahrdik anak yatim
b. berkata bohong d. percaya terhadap peramal
13. Yang termasuk syirik khafi di bawah ini adalah . . . .
a. memuji-muji diri c. menyembah berhala
b. meninggalkan shalat d. bertuhan lebih dari satu
14. Berbakti dan mengabdikan diri kepada Allah dengan sadar dan ikhlas adalah pengertian . . . . menurut istilah.
a. iman c. iksan
b. Islam d. takwa
15. Ihsan terbagi atas . . . . macam.
a. tiga c. lima
b. empat d. Enam
16. Beriman kepada adanya hal-hal yang berhubungan dengan alam ghaib termasuk imanyang bersifat . . . .
a. sam’iyat c. kenabian
b. ruhaniyat d. ketuhanan
17. Iman seseorang sudah lebih tinggi, karena sesuatu yang diimani didasari oleh alasan-alasan tertentu di sebut tingkatan . . . .
a. mengenal c. keyakinan
b. kesadaran d. haqqul yaqin
18. Orang yang tunduk , patuh dan berserah diri kepada Allah Swt.disebut . .
a. beriman c. muhsin
b. muslim d. Muttaqin
19. Manfaat mempelajari akidah Islam , antara lain . . . .
1. dapat memiliki akidah yang benar
2. tidak mudah dipengaruhi kepercayaan lain
3. memperoleh ketenteraman hidup
4. berbakti kepada kedua orang tua
5. memiliki sifat istiqomah
Dari pernyataan di atas yang benar adalah . . . .
a. 1,3,4,5 c. 3,5,2,1
b. 2,3,4,5 d. 4,5,2,1
20. Perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai akidah Islam, antara lain kecuali . .
a. ikhlas dalam melakukan peribadatan kepada Allah
b. mendapat jaminan surga dan selamat dari neraka
c. menjauhkan diri dari segala bentuk perbuatan syirik
d. berusaha untuk selalu meningkatkan kadar iman dan taqwa kepada Allah Swt.
· Soal Tes Lisan : Uraian/Essay
Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat !
1. Sebutkan dalil naqli dengan terjemahannya tentang dasar akidah Islam dan pegangan serta pedoman bagi kaum muslimin!
2. Jelaskan pengertian akidah menurut bahasa dan istilah !
3. Bagaimana pandangan Islam terhadap orang yang tidak memiliki akidah Islam ?
4. Sebutkan dan jelaskan tujuan akidah Islam !
5. Jelaskan pengertian Iman, Islam, dan Ihsan menurut istilah !
· Rubrik penilaian :
1).Pilihan ganda: | 2).Essay : | ||||||||||||||||||||||||||||
|
| ||||||||||||||||||||||||||||
Nilai = Jumlah jawaban benar X 5 (maksimal 20 X 5 = 100). | Nilai = Jumlah skor X 100 Skor maksimal |
c. Kompetensi Keterampilan:
· Format penilaian “ Penasaran“.
No | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Nilai | ||
a | b | c | |||
1 | | | | | |
2 | | | | | |
3 | | | | | |
dst | | | | | |
a. Aspek dan rubrik penilaian kelompok:
No | Indikator Penilaian | Skor | |
1 | Frekuensi dalam bertanya | Jika peserta didik bertanya 3 kali atau lebih | 30 |
Jika peserta didik bertanya 2 kali | 20 | ||
Jika peserta didik bertanya 1 kali | 10 | ||
2 | | | 30 |
| 20 | ||
| 10 | ||
3 | | | 40 |
| 30 | ||
| 20 | ||
| 10 |
1)
b.Keterkaitan pertanyaan dengan materi.
1) jika pertanyaan sesuai dengan materi, skor 30.
2) jika pertanyaan kurang sesuai dengan materi, skor 20.
3) jika pertanyaan tidak sesuai dengan materi, skor 10.
c. kejelasan/bahasa yang digunakan saat bertanya
1) jika bahasa jelas, lugas, dan mudah dipahami, skor 30.
2). jika bahasa kurang jelas, kurang lugas, dan kurang mudah dipahami, skor 20.
3) jika bahasa tidak jelas,tidak lugas,dan sulit dipahami, skor 10.
· Format penilaian kegiatan diskusi “ Kembangkan Wawasanmu! “.
1) Penilain kelompok yang maju/presentasi
Kelompok 1
No | Nama Siswa | Aspek yang dinilai | Skor Maks | Nilai | Ketuntasan | Tindak Lanjut | ||||
a | b | c | T | BT | R | P | ||||
1 | | | | | | | | | | |
2 | | | | | | | | | | |
3 | | | | | | | | | | |
dst | | | | | | | | | | |
Keterangan:
T : Tuntas mencapai nilai KKM
BT : Belum Tuntas jika nilai yang diperoleh kurang dari nilai KKM
R : Remedial
P : Pengayaan
Aspek dan rubrik penilaian kelompok:
No | Indikator Penilaian | Skor | |
1 | kedalaman informasi. | Memberikankejelasandankedalamaninformasi lengkap dan sempurna | 30 |
Memberikanpenjelasandankedalamaninformasi lengkap dan kurang sempurna | 20 | ||
Memberikanpenjelasandankedalamaninformasi kurang lengkap | 10 | ||
2 | Keaktifan dalam diskusi/tugas | berperan sangat aktif dalam diskusi | 30 |
berperan aktif dalam diskusi | 20 | ||
kurang aktif dalam diskusi | 10 | ||
3 | Kejelasan dan kerapian presentasi/ jawaban | mempresentasikandengansangatjelasdanrapi | 40 |
mempresentasikan dengan jelas dan rapi, | 30 | ||
mempresentasikandengansangatjelasdankurangrapi | 20 | ||
mempresentasikandengankurangjelasdantidak rapi | 10 |
Pedoman Pen-Skoran :
Nilai = Jumlah Nilai Skor Yang diperoleh x100 Jumlah Skor maksimal |
· Format penilian diri kolom “Refleksi”:
No. | PERNYATAAN | PILIHAN JAWABAN | SKOR | ||
SY | Y | TY | |||
1 | Hanya Allahlah Tuhan yang Maha Esa yang wajib disembah dan ditaati | | | | |
2 | Allahlah yang menciptakan dan mengatur alam semesta | | | | |
3 | Hanya Allahlah yang berhak memberi hidayah kepada seseorang | | | | |
4 | Berbuat baik kepada sesama adalah salah satu bentuk ibadah | | | | |
5 | Iman tidak cukup di dalam hati,tapi harus diimplementasikan dalam wujud menjalankan rukun Islam dan Ihsan dalam kehidupan | | | | |
Jumlah skor | | ||||
Keterangan: | |||||
Sangat yakin = skor 3 Yakin = skor 2 Tidak Yakin = skor 1 | Nilai 50 – 75 = C (kurang) Nilai 75 – 85 = B (cukup) Nilai 85 - 100 = A (baik) | ||||
NILAI = Jumlahskor yang diperoleh X 100 Jumlah skor maksimal (15) Catatan : ..................................................................................................................................... ..................................................................................................................................... |
Mengetahui, Semarang, 3 Agustus 2017
Guru Mata Pelajaran Guru PPL
AFIDATUL KHOIRIYAH, S.Ag. CEMETZ DPC
0 komentar:
Post a Comment