yang cari contoh dari laporan micro teaching nih saya sediakan silahkan dibaca dan dicermati..
dan semoga bermanfaat !!!
LAPORAN HASIL PENGAMATAN MICRO TEACHING
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata kuliah : Micro Teaching
Dosen Pengampu : Dr. H. Ikhrom, M. Ag.
Oleh :
Ardany Nuril Fahma (1403036008)
JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM
FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO
SEMARANG
2017
I. PENDAHULUAN
Keterampilan dasar mengajar (teaching skills) adalah kemampuan atau keterampilan yang bersifat khusus (most specific instructional behaviors) yang harus dimiliki oleh guru, dosen, instruktur atau widyaiswara agar dapat melaksanakan tugas mengajar secara efektif, efisien dan profesional (As. Gilcman,1991). Dengan demikian keterampilan dasar mengajar berkenaan dengan beberapa keterampilan atau kemampuan yang bersifat mendasar dan harus dikuasai oleh tenaga pengajar dalam melaksanakan tugas mengajarnya.
Bertanya merupakan suatu unsur yang selalu ada dalam proses komunikasi, termasuk dalam komunikasi pembelajaran. Keterampilan bertanya merupakan ucapan atau pertanyaan yang dilontarkan guru sebagai stimulus untuk memunculkan atau menumbuhkan jawaban(respon) dari peserta didik.
Keterampilan bertanya, bagi seorang guru merupakan keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai. Mengapa demikian? Sebab melalaui keterampilan ini guru dapat menciptakan suasana pembelajaran lebih bermakna. Dapat anda rasakan, pembelajaran akan menjadi sangat membosankan, manakala selama berjam-jam guru menjelaskan materi pelajaran tanpa diselingi dengan pertanyaan, baik hanya sekedar pertanyaan pancingan, atau pertanyaan untuk mengajak siswa berpikir. Oleh karena itu, dalam setiap proses pembelajaran , model pembelajaran apapun yang digunakan bertanya merupakan kegiatan yang selalu merupakan bagian yang tidak terpisahkan
Didalam makalah ini kami akan membahas keterampilan dasar dalam proses pembelajaran, dasar-dasar komunikasi, komunikasi antar pribadi dan keterampilan bertanya. serta bagaimana seorang pendidik mempunyai keterampilan dasar dalam mengajar, mengetahui dasar-dasar komunikasi, dan bagaimana komunikasi antar pribadi dan ke terampilan bertanya.
II. HASIL OBSERVASI
· Objek yang pertama di amati adalah mahasiswa MPI dengan data sebagai berikut:
Nama : Yulia Nurul Maulida
NIM : 1403036013
Fakultas/Jurusan : FITK/MPI
Program : S1
Tanggal : 20 April 2017
1. Pra pembelajaran
a. Mempersiapkan siswa untuk menerima pembelajaran,
Saudari Yulia sudah memperhatikan menyiapkan siswanya dan memastikan bahwa mereka telah siap untuk menerima pelajaran.
b. Melakuakan kegiatan apersepsi
Saudari Yulia sudah mampu melakukan kegiatan apersepsi di dalam kelas.
2. Kegiatan inti pembelajaran
a. Penguasaan materi pembelajaran
Dalam tahap ini Saudari Yulia sudah menguasai materi, tetapi belum secara merata, tetapi sudah baik.
b. Mengaitkan materi dengan pengetahuan yang lain
Dalam tahap ini Saudari Yulia sudah dapat mengaitkan dengan materi Al qur’an dan hadis dengan pengetahuan lain yang relevan
c. Menyampaikan materi dengan jelas, sesuai dengan hierarki belajar dan karakteristik siswa.
Saudari Yulia sudah baik dalam menyampaikan materi karena sudah cukup percaya diri.
d. Mengaitkan materi dengan realita kehidupan
Dalam mengaitkan dengan realita kehidupan, Saudari Yulia belum bisa memberikan contoh yang kongkrit dengan realitas kehidupan.
3. Pendekatan/strategi pembelajaran
a. Melaksanakan Pembelajaran sesuai dengan Kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan karakteristik siswa.
Saudari Yulia sudah baik dalam melakukan pembelajaran sesuai tujuan, karena didalam mengajar masih sudah dapat memahamkan sebagian siswa.
b. Melaksanakan pembelajaran secara runtut
Di sini Saudari Yulia sudah dapat melaksanakan pembelajaran yang runtut sesuai dengan rencana yang di buat.
c. Menguasai kelas
Saudari Yulia kurang baik dalam menguasai kelas, dibuktikan dengan masih banyak siswa yang bercanda sendiri, dan tidak memperhatikan disaat pelajaran berlangsung.
d. Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
Saudari Yulia sudah dapat menjelaskan materi yang masih sangat kurang jelas, jadi siswa menjadi lebih paham.
e. Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
Saudari Yulia sudah bisa memberikan stimulus untuk selalu berbuat positif, selalu mengingatkan akan hal yang positif.
f. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.
Saudari Yulia sudah baik dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang sudah di rencanakan
4. Pemanfaatan Sumber Belajar/Media Pembelajaran
a. Menggunakan media secara efektif dan efisien.
Saudari Yulia sudah baik,bukan hanya menerangkan dengan power point, tetapi juga melihatkan video serta gambar.
b. Menghasilkan pesan yang menarik
Dalam tahap ini Saudari Yulia belum bisa dalam memberikan pesan yang menarik untuk siswa.
c. Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media
Dalam hal ini, Saudari Yulia sudah melibatkan siswa dalam menggunakan media.
5. Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa.
a. Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran.
Saudari Yulia belum mampu untuk memberikan stimulus dalam pembelajaran sehingga terciptanya iklim yang membuat siswa menjadi kurang aktif dan cenderung tidak memperhatikan.
b. Menunjukan sikap terbuka terhadap respons siswa.
Dalam hal ini Saudari Yulia sudah baik dalam keterbukaannya dengan siswa, terbukti pada setiap ada murid yang bertanya akan selalu ditanggapi.
c. Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar.
Saudari Yulia belum baik dalam mengemas materi pembelajaran, karena kurangnya kesan pembelajaran yang menyenangkan.
6. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a. Memantau kemajuan belajar selama proses
Saudari Yulia sudah baik dalam memantau perkembangan belajar siswa, saat menerangkan selalu berkeliling kelas untuk menerangkan agar siswa paham sepenuhnya dan memperhatikan.
b. Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
Saudari Yulia kurang dalam penilaian akhir, karena waktu yang sudah habis sehingga penilaian belum terlaksana.
7. Penggunaan Bahasa.
a. Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik dan benar
Saudari Yulia sangat baik dalam menggunakan bahasa, artikulasinya jelas, tidak terbata-bata saat berucap. Cuma agak sedikit kurang keras.
b. Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai.
Saudari Yulia baik dalam menyampaikan materi, karena memiliki gayanya sendiri sehingga siswa tertarik dengan materi pembelajaran.
8. Penutup
a. Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa.
Saudari Yulia kurang baik dalam melakukan refleksi atau rangkuman, karena belum terlaksana karena waktu yang sudah habis.
b. Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian dari remidi.
Saudari Yulia baik dalam memberikan tugas untuk mereview kembali pelajaran hari ini untuk melatih daya ingat siswa.
· Objek kedua yang di amati adalah mahasiswa MPI dengan data sebagai berikut:
Nama : Afan Iza Musthafa
NIM : 1403036033
Fakultas/Jurusan : FITK/MPI
Program : S1
Tanggal : 18 Mei 2017
1. Pra pembelajaran
a. Mempersiapkan siswa untuk menerima pembelajaran,
Saudara Afan sudah memperhatikan menyiapkan siswanya dan memastikan bahwa mereka telah siap untuk menerima pelajaran.
b. Melakuakan kegiatan apersepsi
Saudara Afan sudah mampu melakukan kegiatan apersepsi di dalam kelas.
2. Kegiatan inti pembelajaran
a. Penguasaan materi pembelajaran
Dalam tahap ini Saudara Afan belum mampu untuk menguasai kelas, karena kurang begitu memperhatikan siswa yang membuat kegaduhan.
b. Mengaitkan materi dengan pengetahuan yang lain
Dalam tahap ini Saudara Afan belum dapat mengaitkan dengan materi dengan pengetahuan lain yang relevan.
c. Menyampaikan materi dengan jelas, sesuai dengan hierarki belajar dan karakteristik siswa.
Saudara Afan sudah baik dalam menyampaikan materi, karena bisa menghilangkan kegrogian.
d. Mengaitkan materi dengan realita kehidupan
Saudara Afan sudah baik dalam mengaitkan dengan realita kehidupan dan mencontohkan dengan realita kehidupan saat ini.
3. Pendekatan/strategi pembelajaran
a. Melaksanakan Pembelajaran sesuai dengan Kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan karakteristik siswa.
Saudara Afan belum baik dalam melakukan pembelajaran sesuai tujuan, karena rencana tujuan awal sudah belum sesuai dengan realita mengajar.
b. Melaksanakan pembelajaran secara runtut
Saudara Afan sudah dapat melaksanakan pembelajaran yang runtut sesuai dengan rencana yang di buat.
c. Menguasai kelas
Saudara Afan sudah dapat menguasai kelas, itu dibuktikan dengan banyak siswa yang memperhatikan.
d. Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
Saudara Afan sudah bisa menjelaskan materi yang kurang jelas dengan menjelaskan secara detail.
e. Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
Saudara Afan sudah bisa memberikan stimulus untuk selalu berbuat positif. Dengan memberikan nasihat.
f. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan.
Saudara Afan belum dapat dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang sudah ditentukan.
4. Pemanfaatan Sumber Belajar/Media Pembelajaran
a. Menggunakan media secara efektif dan efisien.
Saudara Afan sudah baik,bukan hanya menerangkan dengan power point, tetapi juga melihatkan video serta gambar contoh yang baik.
b. Menghasilkan pesan yang menarik
Saudara Afan sudah baik dalam memberikan pesan yang menarik untuk siswa.
c. Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media
Saudara Afan kurang melibatkan siswa dalam menggunakan media.
5. Pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan siswa.
a. Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran.
Saudara Afan belum mampu untuk memberikan stimulus dalam pembelajaran sehingga belum terciptanya iklim yang membuat siswa menjadi tidak aktif.
b. Menunjukan sita terbuka terhadap respons siswa.
Saudara Afan sudah baik dalam keterbukaannya dengan siswa serta tidak adanya paksaan di dalam kelas.
c. Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar.
Saudara Afan kurang baik dalam menyampaikan materi pembelajaran sangat serius sehingga siswa menjadi malas untuk mengikuti pembelajaran, karena kurang adanya unsur keceriaan dalam mengajar.
6. Penilaian Proses dan Hasil Belajar
a. Memantau kemajuan belajar selama proses
Saudara Afan sudah baik dalam memantau perkembangan belajar siswa, saat menerangkan selalu berkeliling dan memperhatikan siswa.
b. Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
Saudara Afan belum baik dalam penilaian akhir, karena belum betul-betul memanfaatkan waktu yang telah di berikan sehingga belum dapat melaksanakan penilaian akhir.
7. Penggunaan Bahasa.
a. Menggunakan bahasa lisan dan tulis secara jelas, baik dan benar.
Saudara Afan baik dalam menggunakan bahasa, artikulasinya jelas, tidak terbata-bata saat berucap dan sangat keras.
b. Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai.
Saudara Afan baik dalam menyampaikan materi, karena memiliki gayanya sendiri sehingga siswa tertarik dengan materi pembelajaran.
8. Penutup
a. Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa.
Saudara Afan sudah baik dalam melakukan refleksi atau rangkuman pada akhir pembelajaran.
b. Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian dari remidi.
Saudara Afan belum baik dalam memberikan tugas untuk kembali review pelajaran untuk melatih daya ingat siswa dan pemahaman siswa.
III. KESIMPULAN
Kesimpulan yang dapat saya ambil dari laporan ini yaitu bahwa dari hasil pengamatan yang objek yang pertama yaitu saudari Yulia dan objek yang kedua yaitu saudara Afan, sudah baik, walaupu masih ada kekurangan yang ada, tetapi menurut saya kekurangan tersebut dapat di benahi dengan cara terus belajar dan menyaiapkan diri dengan baik.
IV. PENUTUP
Dengan ini saya menyatakan bahwa penilaian yang saya lakukan sesuai dengan kondisi peserta sebenarn, dan apabila dikemudian hari ternyata tidak benar, saya bersedia mempertanggungjawabkannya.
Apabila ada kesalaha dalam pengetikan saya mohon maaf yang sebesar besarnya, semoga laporan ini dapat digunakan dengan semestinya.
0 komentar:
Post a Comment