Yang nyari monggo, ini uda ada!!!!
PERANGKAT PEMBELAJARAN
SILABUS PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Satuan Pendidikan :
Kelas/Semester : VIII / I
Nama Guru :
NIP/NIK :
Sekolah :
SILABUS Pembelajaran
Madrasah : MTs NU AL HIKMAH MIJEN
Mata Pelajaran : Akidah-Akhlak
Kelas / Semester : VIII / I
Standar Kompetensi : Meningkatkan keimanan kepada kitab-kitab Allah SWT
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya & Karakter Bangsa | Nilai-Nilai Kewirausahaan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |
Teknik | Instrumen | ||||||||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) | (9) | (10) |
1.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT. | § Iman kepada kitab-kitab Allah SWT. | § Religius § Cinta ilmu § Gemar Membaca § Kreatif § Disiplin § Mandiri § Ingin tahu § Kerja sama | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Mampu men-cari sumber belajar sendiri § Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri | § Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT dengan benar. | § Menjelaskan pengertian beriman kepada kitab-kitab Allah SWT. § Menunjukkan dalil naqli tentang beriman kepada kitab-kitab Allah SWT. | Tes lisan | Uraian | 2 x 40’ | § Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VIII § LKS § Buku lain yang relevan |
1.2 Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT | § Bukti/dalil kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT. | § Religius § Cinta ilmu § Gemar Membaca § Kreatif § Disiplin § Mandiri § Ingin tahu § Kerja sama | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Mampu men-cari sumber belajar sendiri § Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri | § Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan bukti/dalil kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT | § Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT melalui berbagai literatur § Menyebutkan bukti/dalil adanya kebenaran adanya kitab-kitab Allah SWT melalui dalil naqli. | Tes tertulis | Uraian | 2 x 40’ | § Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VIII § LKS § Buku lain yang relevan |
1.3 Menjelaskan macam, fungsi dan isi kitab Allah | § Macam, fungsi dan isi kitab Allah | § Religius § Cinta ilmu § Gemar Membaca § Kreatif § Disiplin § Mandiri § Ingin tahu § Kerja sama | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Mampu men-cari sumber belajar sendiri § Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri | § Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menjelaskan macam, fungsi dan isi kitab Allah | § Menunjukkan nama-nama kitab Allah SWT beserta rasul yang menerimanya § Menyebutkan fungsi dan isi pokok dari kitab-kitab Allah. | Tes lisan | Uraian | 2 x 40’ | § Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VIII § LKS § Buku lain yang relevan |
1.4 Menampilkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada Kitab Allah SWT. | § Perilaku yang mencerminkan beriman epada Kitab Allah SWT. | § Religius § Cinta ilmu § Gemar Membaca § Kreatif § Disiplin § Mandiri § Ingin tahu § Kerja sama | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Mampu men-cari sumber belajar sendiri § Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri | § Menunjukkan sikap yang mencerminkan beriman kepada Kitab Allah SWT | § Menampikan sikap mencintai Al-Quran sebagai kitab Allah SWT § Menjadikan al-Quran sebagai sumber hukum dan pedoman dalam kehidupan sehari-hari. | Tes perbuatan | Penugasan | 2 x 40’ | § Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VIII § LKS § Buku lain yang relevan |
Standar Kompetensi : 2. Menerapkan akhlak terpuji kepada diri sendiri
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya & Karakter Bangsa | Nilai-Nilai Kewirausahaan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |
Teknik | Instrumen | ||||||||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) | (9) | (10) |
2.1 Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah | § Akhlak terpuji pada diri sendiri (tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah) | § Religius § Cinta ilmu § Gemar Membaca § Kreatif § Disiplin § Mandiri § Ingin tahu § Kerja sama | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Mampu men-cari sumber belajar sendiri § Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri | § Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah | § Menjelaskan pengertian dan pentingnya tawakkal § Menjelaskan pengertian dan pentingnya ikhtiyar § Menjelaskan pengertian dan pentingnya sabar § Menjelaskan pengertian dan pentingnya syukur § Menjelaskan pengertian dan pentingnya qana’ah | Tes lisan | Uraian | 2 x 40’ | § Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VIII § LKS § Buku lain yang relevan |
2.2 Mengidenti-fikasi bentuk dan contoh-contoh perilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah | § Bentuk dan contoh-contoh perilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah | § Religius § Cinta ilmu § Gemar Membaca § Kreatif § Disiplin § Mandiri § Ingin tahu § Kerja sama | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Mampu men-cari sumber belajar sendiri § Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri | § Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali bentuk dan contoh-contoh sikap tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah | § Menyebutkan contoh-contoh sikap tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah § Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki sikap tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah | Unjuk kerja | Uraian | 2 x 40’ | § Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VIII § LKS § Buku lain yang relevan |
2.3 Menunjukkan nilai-nilai positif dari tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah dalam fenomena kehidupan | § Nilai-nilai positif dari tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah | § Religius § Cinta ilmu § Gemar Membaca § Kreatif § Disiplin § Mandiri § Ingin tahu § Kerja sama | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Mampu men-cari sumber belajar sendiri § Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri | § Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai positif dari tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah dalam fenomena kehidupan | § Menyebutkan nilai-nilai positif dari tawakkal dalam fenomena kehidupan § Menyebutkan nilai-nilai positif dari ikhtiyar dalam fenomena kehidupan § Menyebutkan nilai-nilai positif dari sabar dalam fenomena kehidupan § Menyebutkan nilai-nilai positif dari syukur dalam fenomena kehidupan § Menyebutkan nilai-nilai positif dari qana’ah dalam fenomena kehidupan | Tes tertulis | Uraian | 2 x 40’ | § Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VIII § LKS § Buku lain yang relevan |
2.4 Membia-sakan perila-ku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah | § Perilaku tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah | § Religius § Cinta ilmu § Gemar Membaca § Kreatif § Disiplin § Mandiri § Ingin tahu § Kerja sama | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Mampu men-cari sumber belajar sendiri § Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri | § Mempraktikkan perilaku terpuji (tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah) bersama teman-teman dan guru-gurunya di sekolah. | § Menunjukkan contoh sikap tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah dalam lingkungan keluarga. § Menunjukkan contoh sikap tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah dalam lingkungan sekolah. Menunjukkan contoh sikap tawakkal, ikhtiyar, sabar, syukur dan qana’ah dalam lingkungan masyarakat. | Tes perbuatan | Penugasan | 2 x 40’ | § Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VIII § LKS § Buku lain yang relevan |
Standar Kompetensi : 3. Menghindari akhlak tercela kepada diri sendiri
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya & Karakter Bangsa | Nilai-Nilai Kewirausahaan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |
Teknik | Instrumen | ||||||||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) | (9) | (10) |
3.1 Menjelaskan pengertian ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur | § Akhlak tercela kepada Allah (ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur) | § Religius § Cinta ilmu § Gemar Membaca § Kreatif § Disiplin § Mandiri § Ingin tahu § Kerja sama | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Mampu men-cari sumber belajar sendiri § Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri | § Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur | § Menjelaskan pengertian ananiah § Menjelaskan pengertian putus asa § Menjelaskan pengertian ghadhab § Menjelaskan pengertian tamak § Menjelaskan pengertian takabbur | Tes lisan | Uraian | 2 x 40’ | § Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VIII § LKS § Buku lain yang relevan |
3.2 Mengidenti-fikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur | § Bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur | § Religius § Cinta ilmu § Gemar Membaca § Kreatif § Disiplin § Mandiri § Ingin tahu § Kerja sama | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Mampu men-cari sumber belajar sendiri § Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri | § Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur | § Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur § Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur | Unjuk kerja | Uraian | 2 x 40’ | § Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VIII § LKS § Buku lain yang relevan |
3.3 Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur dalam fenomena kehidupan | § Nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur | § Religius § Cinta ilmu § Gemar Membaca § Kreatif § Disiplin § Mandiri § Ingin tahu § Kerja sama | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Mampu men-cari sumber belajar sendiri § Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri | § Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur dalam fenomena kehidupan | § Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ananiah dalam fenomena kehidupan § Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan putus asa dalam fenomena kehidupan § Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan ghadhab dalam fenomena kehidupan § Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan tamak dalam fenomena kehidupan § Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan takabbur dalam fenomena kehidupan | Tes tertulis | Uraian | 2 x 40’ | § Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VIII § LKS § Buku lain yang relevan |
3.4 Membia-sakan diri menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur. | § Hal-hal yang mengarah pada perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur. | § Religius § Cinta ilmu § Gemar Membaca § Kreatif § Disiplin § Mandiri § Ingin tahu § Kerja sama | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Mampu men-cari sumber belajar sendiri § Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri | § Mengidentifikasi hal-hal yang me-ngarah pada pe-rbuatan ananiah, putus asa, gha-dhab, tamak dan takabbur sehing-ga ia berusaha untuk menghin-darinya. | § Menghindari perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga § Menghindari perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah. § Menghindari perbuatan ananiah, putus asa, ghadhab, tamak dan takabbur dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat. | Tes perbuatan | Penugasan | 2 x 40’ | § Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VIII § LKS § Buku lain yang relevan |
| | |
0 komentar:
Post a Comment