SILABUS Pembelajaran
Madrasah : MTsN
Mata Pelajaran : Akidah-Akhlak
Kelas / Semester : VII / II
Standar Kompetensi : 4. Akidah Memahami Asmaul Husna
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya & Karakter Bangsa | Nilai-Nilai Kewirausahaan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |
Teknik | Instrumen | ||||||||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) | (9) | (10) |
4.1 Menguraikan 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) | § 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) | § Religius § Cinta ilmu § Gemar Membaca § Kreatif § Disiplin § Mandiri § Ingin tahu § Kerja sama | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Mampu men-cari sumber belajar sendiri § Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri | § Menelaah berbagai literatur untuk dapat menyebutkan dan menje-laskan 10 Asmaul Husna § Menanyakan kepada siswa tentang 10 Asmaul Husna § Siswa diminta untuk mengurai-kan 10 Asmaul Husna § Diskusi kelompok tentang mengu-raikan 10 Asmaul Husna § Guru dan siswa menyimpulkan 10 Asmaul Husna | § Menjelaskan pengertian Asma’ul Husna § Menyebutkan dalil yang berkaitan dengan 10 Asmaul Husna § Menyebutkan arti 10 Asmaul Husna § Menjelaskan isi kandungan 10 Asma’ul Husna | Tes lisan | Uraian | 2 x 40’ | § Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VII § LKS § Buku lain yang relevan |
4.2 Menun-jukkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) | § 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) | § Religius § Cinta ilmu § Gemar Membaca § Kreatif § Disiplin § Mandiri § Ingin tahu § Kerja sama | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Mampu men-cari sumber belajar sendiri § Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri | § Mengamati lingkungan sekitarnya untuk menemukan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna. § Siswa diminta membaca bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna § Menanyakan kepada siswa tentang bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna § Diskusi kelompok tentang bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna § Guru dan siswa menyimpulkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna | § Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna dari lingkungan sekitar. § Menyebutkan bukti kebenaran tanda-tanda kebesaran Allah melalui sifat-Nya dalam 10 Asmaul Husna dari makhluq ciptaan-Nya. | Tes tertulis | Uraian | 2 x 40’ | § Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VII § LKS § Buku lain yang relevan |
4.3 Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Ghaffar, Al-Baasith, An-Naafi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) | § 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) | § Religius § Cinta ilmu § Gemar Membaca § Kreatif § Disiplin § Mandiri § Ingin tahu § Kerja sama | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Mampu men-cari sumber belajar sendiri § Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri | § Mengamati lingkungan sekitar untuk mengenali perilaku orang yang mengamal-kan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qay-yum) yang dapat diteladani oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari § Siswa diatur un-tuk saling berta-nya dan guru memberikan skor § Menanyakan kepada siswa tentang contoh perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna § Diskusi kelompok tentang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna § Guru dan siswa menyimpulkan tentang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna | § Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) yang dapat diteladani oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari § Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan 10 al-Asma al-Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) | Tes tertulis | Uraian | 2 x 40’ | § Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VII § LKS § Buku lain yang relevan |
4.4 Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam kehidupan sehari-hari | § 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) | § Religius § Cinta ilmu § Gemar Membaca § Kreatif § Disiplin § Mandiri § Ingin tahu § Kerja sama | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Mampu men-cari sumber belajar sendiri § Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri | § Mempraktikkan sikap yang menunjukkan sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qay-yum) dalam kehi-dupan sehari-hari § Diskusi kelompok tentang Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna § Guru dan siswa menyimpulkan tentang Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 Asmaul Husna | § Mengamalkan sifat-sifat Allah yang terkandung 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam lingkungan keluarga. § Mengamalkan sifat-sifat Allah yang terkandung 10 Asmaul Husna (Al-‘Aziz, Al-Baari’u, Ar-Roofi’, Ar-Ro’uf, Al-Barr, Al-Ghaffar, Al-Maani’, Al-Fattah, Al-‘Adl, Al-Qayyum) dalam lingkungan sekolah. | Tes perbuatan | Penugasan | 2 x 40’ | § Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VII § LKS § Buku lain yang relevan |
Standar Kompetensi : 5. Meningkatkan keimanan kepada malaikat-malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib selain malaikat
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya & Karakter Bangsa | Nilai-Nilai Kewirausahaan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |
Teknik | Instrumen | ||||||||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) | (9) | (10) |
5.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan | § Iman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan | § Religius § Cinta ilmu § Gemar Membaca § Kreatif § Disiplin § Mandiri § Ingin tahu § Kerja sama | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Mampu men-cari sumber belajar sendiri § Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri | § Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan dengan benar. § Bertanya jawab tentang beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan § Kelompok diminta saling menilai hasil adu cepat dengan membaca buku beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan § Diskusi kelompok tentang beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan § Guru dan siswa menyimpulkan tentang beriman kepada malaikat Allah SWT dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan | § Menjelaskan pengertian beriman kepada malaikat Allah SWT. § Menunjukkan dalil naqli tentang adanya malaikat Allah SWT. § Menjelaskan pengertian makhluk ghoib seperti jin, iblis dan setan § Menunjukkan dalil naqli tentang jin, iblis dan setan | Tes lisan | Uraian | 2 x 40’ | § Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VII § LKS § Buku lain yang relevan |
5.2 Menunjukkan bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan | § Bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan | § Religius § Cinta ilmu § Gemar Membaca § Kreatif § Disiplin § Mandiri § Ingin tahu § Kerja sama | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Mampu men-cari sumber belajar sendiri § Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri | § Mengamati fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar untuk menemukan bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan § Diskusi kelompok tentang Bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan § Guru dan siswa menyimpulkan tentang Bukti/dalil kebenaran adanya malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan | § Menyebutkan tanda-tanda adanya malaikat Allah melalui fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar § Menyebutkan tanda-tanda adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan melalui fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitar § Menyebutkan tanda adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis & setan melalui dalil naqli. | Tes tertulis | Uraian | 2 x 40’ | § Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VII § LKS § Buku lain yang relevan |
5.3 Menjelaskan tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan | § Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan | § Religius § Cinta ilmu § Gemar Membaca § Kreatif § Disiplin § Mandiri § Ingin tahu § Kerja sama | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Mampu men-cari sumber belajar sendiri § Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri | § Membaca dan menelaah berbagai literatur untuk dapat menjelaskan tugas, dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan § Bertanya jawab tentang Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan § Diskusi kelompok tentang Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan § Guru dan siswa menyimpulkan tentang Tugas dan sifat-sifat malaikat Allah serta makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan | § Menyebutkan nama dan tugas malaikat Allah SWT. § Menyebutkan sifat-sifat malaikat Allah SWT. § Menjelaskan keterkaitan ketaatan malaikat Allah dengan perbuatan manusia. § Menyebutkan sifat-sifat makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan § Menjelaskan perbedaan malaikat, jin, syetan dan iblis § Menjelaskan keterkaitan sifat jin, iblis dan setan dengan perbuatan manusia. | Tes lisan | Uraian | 2 x 40’ | § Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VII § LKS § Buku lain yang relevan |
5.4 Menunjukkan ciri-ciri / tanda-tanda perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan. | § Ciri-ciri/tanda-tanda perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan. | § Religius § Cinta ilmu § Gemar Membaca § Kreatif § Disiplin § Mandiri § Ingin tahu § Kerja sama | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Mampu men-cari sumber belajar sendiri § Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri | § Mengamati fenomena lingkungan sekitar untuk menunjukkan ciri-ciri/tanda-tanda perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan. § Diskusi kelompok tentang Ciri-ciri/tanda-tanda perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan. § Siswa diminta membaca ciri-ciri/tanda-tanda tentang perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan. § Guru dan siswa menyimpulkan tentang Ciri-ciri/tanda-tanda perilaku beriman kepada malaikat Allah dan makhluk ghaib lainnya seperti jin, iblis dan setan terhadap fenomena kehidupan. | § Menunjukkan ciri-ciri orang yang beriman kepada malaikat Allah melalui perilakunya terhadap fenomena kehidupan § Menunjukkan ciri-ciri orang yang meyakini adanya makhluk ghaib seperti jin, iblis dan setan melalui perilakunya terhadap fenomena kehidupan | Tes tertulis | Uraian | 2 x 40’ | § Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VII § LKS § Buku lain yang relevan |
Standar Kompetensi : 6. Menghindari akhlak tercela kepada Allah
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Nilai Budaya & Karakter Bangsa | Nilai-Nilai Kewirausahaan | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | |
Teknik | Instrumen | ||||||||
(1) | (2) | (3) | (4) | (5) | (6) | (7) | (8) | (9) | (10) |
6.1 Menjelaskan pengertian riya dan nifaq. | § Akhlak tercela kepada Allah (riya dan nifaq) | § Religius § Cinta ilmu § Gemar Membaca § Kreatif § Disiplin § Mandiri § Ingin tahu § Kerja sama | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Mampu men-cari sumber belajar sendiri § Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri | § Membaca dan menelaah berba-gai literatur untuk dapat menjelakan pengertian riya dan nifaq § Diskusi kelompok tentang riya dan nifaq. § Guru dan siswa menyimpulkan tentang riya dan nifaq. | § Menjelaskan pengertian riya. § Menjelaskan pengertian nifaq § Dapat menguraikan pengertian riya dan nifaq. | Tes lisan | Uraian | 2 x 40’ | § Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VII § LKS § Buku lain yang relevan |
6.2 Mengidenti-fikasi bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq | § Bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq | § Religius § Cinta ilmu § Gemar Membaca § Kreatif § Disiplin § Mandiri § Ingin tahu § Kerja sama | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Mampu men-cari sumber belajar sendiri § Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri | § Mengamati linkungan sekitar untuk mengenali bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq § Diskusi kelompok tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq § Guru dan siswa menyimpulkan tentang Bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq | § Menyebutkan bentuk dan contoh-contoh perbuatan riya dan nifaq § Menunjukkan ciri-ciri orang yang memiliki perbuatan riya dan nifaq | Unjuk kerja | Uraian | 2 x 40’ | § Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VII § LKS § Buku lain yang relevan |
6.3 Menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq dalam fenomena kehidupan | § Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq | § Religius § Cinta ilmu § Gemar Membaca § Kreatif § Disiplin § Mandiri § Ingin tahu § Kerja sama | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Mampu men-cari sumber belajar sendiri § Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri | § Mengamati lingkungan sekitar untuk menunjukkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq dalam fenomena kehidupan § Diskusi kelompok tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq § Guru dan siswa menyimpulkan tentang Nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dan nifaq | § Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan riya dalam fenomena kehidupan § Menyebutkan nilai-nilai negatif akibat perbuatan nifaq dalam fenomena kehidupan | Tes tertulis | Uraian | 2 x 40’ | § Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VII § LKS § Buku lain yang relevan |
6.4 Membia-sakan diri menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq. | § Akhlak tercela kepada Allah (riya dan nifaq) | § Religius § Cinta ilmu § Gemar Membaca § Kreatif § Disiplin § Mandiri § Ingin tahu § Kerja sama | § Percaya diri § Berorientasi tugas dan hasil § Mampu men-cari sumber belajar sendiri § Mendiskripsi-kan konsep dengan kata-kata sendiri | § Mengidentifikasi hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq sehingga ia berusaha untuk menghindarinya. § Diskusi kelompok tentang menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq § Guru dan siswa menyimpulkan tentang menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq | § Menghindari hal-hal yang mengarah pada perbuatan riya dan nifaq. § Menghindari perbuatan riya dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga § Menghindari perbuatan riya dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah. § Menghindari perbuatan riya dan nifaq dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat. | Tes perbuatan | Penugasan | 2 x 40’ | § Buku Paket Aqidah Akhlaq kelas VII § LKS § Buku lain yang relevan |
| | |
0 komentar:
Post a Comment