Dalam Rencana Pelakasanaan Pembelajaran Harian (RPPH) untuk Satuan Pendidikan Taman Kanak Kanak Kurikulum 2013 terdapat kegiatan pembukaan yang ditujukan untuk membantu membangun minat anak agar anak siap bermain di kegiatan inti. Kegiatan pembukaan penting untuk mengenalkan materi pembelajaran. Kegiatan pembukaan dimanfaatkan guru untuk mengenalkan kegiatan bermain yang sudah disiapkan, aturan bermain, menerapkan pembiasaan-pembiasaan, dan sebagainya.
Selama proses pembelajaran guru dapat menggunakan berbagai metode untuk saling melengkapi. Metode tersebut untuk mendukung pendekatan saintifik. Beberapa metode pembelajaran yang dianggap sesuai untuk PAUD, antara lain adalah sebagai berikut :
Bercerita adalah cara bertutur dan menyampaikan cerita secara lisan. Cerita harus diberikan secara menarik. Anak diberi kesempatan untuk bertanya dan memberikan tanggapan. Pendidik dapat menggunakan buku sebagai alat bantu bercerita.
Demonstrasi digunakan untuk menunjukkan atau memeragakan cara untuk membuat atau melakukan sesuatu.
Bercakap-cakap dapat dilakukan dalam bentuk tanya jawab antara anak dengan pendidik atau antara anak dengan anak yang lain.
Pemberian tugas dilakukan oleh pendidik untuk memberi pengalaman yang nyata kepada anak baik secara individu maupun secara berkelompok.
Sosio-drama/bermain peran dilakukan untuk mengembangkan daya khayal/imajinasi, kemampuan ekspresi dan kreatifitas anak terhadap tokoh-tokoh yang diperankan atau benda-benda yang ada di sekitar.
Karyawisata adalah kunjungan secara langsung ke objek-objek yang sesuai dengan tema dan bahan kegiatan yang sedang dibahas di lingkungan kehidupan anak.
Projek merupakan suatu tugas yang terdiri atas rangkaian kegiatan yang diberikan oleh pendidik kepada anak baik secara individu maupun secara berkelompok dengan menggunakan objek alam sekitar maupun kegiatan sehari-hari sebagai bahan pembahasan.
Eksperimen merupakan pemberian pengalaman kepada anak dengan melakukan percobaan secara langsung dan mengamati hasilnya.
RPPH TK Tahun 2017 yang diterbitkan ini banyak yang menanyakan KI dan KD tidak dimuat secara spesifik. Jika kita telusur kembali pada buku pedoman pembuatan RPPH TK maka Format RPPH tidaklah harus sama dan monoton akan tetapi harus memuat tujuh unsur pembentuk rpph yaitu: (1) Identitas Program, (2) Materi, (3) Alat dan Bahan Ajar, (4) Kegiatan Pembukaan, (5) Kegiatan Inti, (6) Kegiatan Penutup, dan (7) Rencana Penilaian.
Berikut ini kami berikan daftar link tautan yang dapat ayah bunda gunakan untuk mendownload file RPPH TK Kelompok B dengan mengklik dibawah ini:
SEMESTER PERTAMA
SEMESTER KEDUA
0 komentar:
Post a Comment