Media Informasi Seputar pendidikan

Monday, December 10, 2018

CONTOH INSTRUMEN OBSERVASI MODEL CIPP & BERUPA ANGKET PENELITIAN


ANGKET PENELITIAN
a.      Identitas
Nama               :
Nip                  :
Status Jabatan :

b.      Petunjuk Pengisian
1.      Bacalah dengan terlebih dahulu pertanyaan di bawah ini dengan baik dan teliti.
2.      Pilihlah jawaban yang paling sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
3.      Beri tanda check (√) pada jawaban yang sesuai dengan keadaan keadaan Bapak/Ibu.

c.       Keterangan
STS     : Sangat Tidak Setuju                       S          : Setuju
TS       : Tidak Setuju                                    SS        : Sangat Setuju

Instrumen untuk kepala sekolah
NO
PERTANYAAN
STS
TS
S
SS
1.
Program tahfidhulquran dapat dukungan dari  pemerintah.





2.
Prograamtahfidhulquran berdasarkan kebutuhan dan keinginan siswa





3.
Program Tahfidhulquran sesuai dengan program pemerintah daerah





4.
Program Tahfidhulquran diselenggarakan atasa dasar Misi Sekolah.





5.
Program tahfidhulquran sesuai dengan RKAS





6.
Program tahfidhulquran sesuai dengan visi Sekolah





7.
Guru yang mengajar tahfidhulqur’an adalah guru yang profesional





8.
Perbandingan jumlah guru dengan siswa sudah standar







9.
Jumlah media dan bahan ajar sesuai dengan jumlah siswa dan jumlah kelas





10.
Program tahfidh teranggarkan ke dalam RKAS





11.
Aturan guru dan siswa telah tersusun dan di bukukan.





12.
Rumusan strategi belajar sesuai dengan tujuan dan materi





13.
Media dan bahan ajar yang tersedia sesuai dengan program
tahfid.





14.
Guru melakukan kegiatan pendahuluan sesuai dengan rencana





15.
Guru melakukan kegiatan inti sesuai dengan rencana.





16.
Guru melakukan kegiatan penutup sesuai dengan rencana.





17.
Guru menguasai berbagai metode pembelajaran.





18.
Guru menguasai materi ajar.





19.
Guru menguasai buku ajar, LKS, Modul.





20.
Guru dapat menggunakan media.





21.
Guru dapat melakukan penilaian dan pengawasan terhadap perubahan sikap siswa.





22.
Guru dapat melakukan penilaian dan pengawasan terhadap hafalan siswa.





23.
Guru dapat melakukan penilaian dan pengawasan terhadap mahkroj,hukum tajwid.





24.
Sarana tahfidhulqur’an sangat mendukung.





25.
Media dan bahan ajar tahfid beraneka ragam (bervariasi).





26.
Ruang belajar yang cukup dan memadai.





27.
Perbandingan jumlah guru dengan siswa sudah standar























ANGKET PENELITIAN
a.      Identitas
Nama               :
Nip                  :
Status Jabatan :

b.      Petunjuk Pengisian
4.      Bacalah dengan terlebih dahulu pertanyaan di bawah ini dengan baik dan teliti.
5.      Pilihlah jawaban yang paling sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
6.      Beri tanda check (√) pada jawaban yang sesuai dengan keadaan keadaan Bapak/Ibu.

c.       Keterangan
STS     : Sangat Tidak Setuju                       S          : Setuju
TS       : Tidak Setuju                                    SS        : Sangat Setuju

Instrumen guru untuk guru
NO
PERNYATAAN
STS
TS
S
SS
1
 Seluruh hafalan  Siswa sesuaikan oleh target




2
Nilai harian peserta didik tahfidz memiliki rerata lebih tinggi dari KKM




3
Peserta tahfidz lihai dalam membaca Al Qur’an dan Tajwid




4
Kemampuan peserta didik tahfidz sesuai dengan standar kompetensi lulusan yang diharapkan




5
Peserta didik tahfidz tercapai target hafalan sesuai dengan tingkatan




6
Peserta tahfidz telah mengikuti seluruh program yang diselenggarakan dengan baik




7
Persentase kehadiran peserta didik mencapai 85 %




8
Peserta didik dalam program tahfidz nilai kepribadianya minimal Baik




9
Implementasi program tahfidz sangat sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan sebelumya




10
Rencana belajar tersusun dengan baik




11
Guru yang mengajar tahfidhulqur’an adalah guru yang profesional





12
Jumlah media dan bahan ajar sesuai dengan jumlah siswa dan jumlah kelas






13
Program tahfidh terjadwal dengan baik




14
Aturan guru dan siswa telah tersusun dan di bukukan




15
Strategi belajar tahfid sudah tersusun dengan baik




16
Rumusan strategi belajar sesuai dengan tujuan dan materi




17
Media dan bahan ajar yang tersedia sesuai dengan program tahfid




18
Guru melakukan kegiatan pendahuluan sesuai dengan rencana




19
Guru melakukan kegiatan inti sesuai dengan rencana




20
Guru melalukan kegiatan penutup sesuai dengan rencana.




21
Program tahfidh terjadwal dengan baik




22
Aturan guru dan siswa telah tersusun dan di bukukan




23
Strategi belajar tagfid sudah tersusun dengan baik






















ANGKET PENELITIAN
a.      Identitas
Nama               :
Nip                  :
Status Jabatan :

b.      Petunjuk Pengisian
7.      Bacalah dengan terlebih dahulu pertanyaan di bawah ini dengan baik dan teliti.
8.      Pilihlah jawaban yang paling sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
9.      Beri tanda check (√) pada jawaban yang sesuai dengan keadaan keadaan Bapak/Ibu.

c.       Keterangan
STS     : Sangat Tidak Setuju                       S          : Setuju
TS       : Tidak Setuju                                    SS        : Sangat Setuju

Instrumen untuk siswa
No.
Pernyataan
STS
TS
S
SS
1.

Guru melakukan kegiatan pendahuluan sesuai dengan rencana.




2.
Guru melakukan kegiatan inti sesuai dengan rencana.




3.
Guru melalukan kegiatan penutup sesuai dengan rencana.




4.
Guru menguasai berbagai metode pembelajaran.




5.
Guru menguasai materi ajar.




6.
Guru mampu mengelola kelas.




7.
Guru disiplin dalam mengajar.




8.
Guru mampu memberikan contoh yang baik.




9.
Guru mampu melaksanakan pembelajaran secara kreatif.




10.
Guru menguasai buku ajar, LKS, Modul.




11.
Guru dapat menggunakan media.




12.
Guru dapat melakukan penilaian dan pengawasan terhadap perubahan sikap siswa.




13.
Guru dapat melakukan penilaian dan pengawasan terhadap hafalan siswa.




14.
Guru dapat melakukan penilaian dan pengawasan terhadap tajwid,




15.
Sarana tahfidhulqur’an sangat mendukung




16.
Media dan bahan ajar tahfid beraneka ragam (bervariasi).




17.
Ruang belajar yang cukup dan memadai




18
Guru yang mengajar tahfidhulqur’an adalah guru yang profesional  




19
Guru melakukan kegiatan pendahuluan sesuai dengan rencana




20
Aturan guru dan siswa telah tersusun dan di bukukan




21
Guru melakukan kegiatan pendahuluan sesuai dengan rencana




22
Guru melakukan kegiatan inti sesuai dengan rencana.




23
Guru melakukan kegiatan penutup sesuai dengan rencana.




24
Guru menguasai berbagai metode pembelajaran.




25
Guru menguasai materi ajar.




26
Guru menguasai buku ajar, LKS, Modul.




27
Guru dapat menggunakan media.




28
Guru yang mengajar tahfidhulqur’an adalah guru yang profesional





0 komentar:

Post a Comment