Media Informasi Seputar pendidikan

Saturday, December 15, 2018

Cara Mutasi Siswa Dan Mutasi Ptk Di Dapodik 2019



Tugas sebagai seorang operator dapodik sekolah memanglah sangat berat, alasannya banyak data yang harus di kelola mulai dari menginput data,memperbaiki data yang salah dengan cara verval, menarik data penerima bimbing dan PTK pindahan,memutasikan data penerima bimbing dan PTK,mengupdate data sarana dan prasarana sekolah serta masih banyak lagi yang lainnya yang tidak sanggup saya sebutkan satu persatu.

Beberapa jenis pekerjaan sebagai operator sekolah yang telah saya sebutkan di atas hanyalah mewakili dari segudang pekerjaan lainnya yang harus di kerjakan oleh seorang operator sekolah. Namun mau tidak mau dan suka tidak suka pekerjaan tersebut harus dikerjakan dengan nrimo biar seluruh pekerjaan tersebut sanggup di selesaikan dengan baik.

Pada postingan kali ini saya ingin mengembangkan mengenai mekanisme dan cara untuk melaksanakan proses mutasi siswa/peserta bimbing maupun mutasi guru atau PTK. Artikel ini sengaja saya buat biar operator sekolah yang belum mengetahui cara memutasikan penerima bimbing atau PTK sanggup mengetahui dan memahami cara memutasikan siswa atau PTK di dapodik.


Sebenarnya cara melaksanakan mutasi siswa atau penerima bimbing sama halnya dengan mutasi PTK, alasannya langkah-langkah dalam melaksanakan proses mutasi tersebut tidaklah berbeda  alias sama, sehingga pada kesempatan ini saya akan menawarkan klarifikasi mengenai cara mutasi siswa di dapodik.

Seperti yang kita ketahui bahwa dikala ini aplikasi dapodik telah rilis menjadi dapodik versi 2019, namun dalam tahap proses melaksanakan mutasi penerima bimbing masih sama dengan aplikasi dapodik-dapodik tahun sebelumnya. Hanya saja memang ada beberapa fitur dalam aplikasi dapodik 2019 yang sudah tidak sama dengan aplikasi dapodik 2017 atau dapodik 2018 dalam penerapan dan penggunaannya. Salah satu misalnya yaitu operator sekolah sudah tidak sanggup lagi mencetak surat mutasi siswa memakai aplikasi dapodik 2019 meskipun hidangan cetak surat mutasi siswa tersebut masih ada namun dalam pelaksanaannya sudah tidak lagi sanggup dilakukan, selain itu hidangan tambah PTK dan tambah penerima bimbing juga sudah di nonaktifkan di aplikasi dapodik 2019.

Meskipun beberapa hidangan tersebut sudah tidak sanggup lagi dilakukan di aplikasi dapodik 2019 namun bukan berarti kiprah tersebut sudah tidak lagi sanggup dilakukan oleh seorang operator dapodik alasannya cara tersebut masih sanggup dilakukan di aplikasi dapodik 2019 hanya saja berbeda dengan cara-cara sebelumnya.

Pada postingan sebelumnya saya telah memposting mengenai cara melaksanakan cetak surat mutasi terbaru di dapodik 2019,dan juga cara terbaru melaksanakan penambahan serta penarikan data siswa dan PTK di dapodik 2019. Untuk mendapat informasinya silahkan anda kunjungi judul link di bawah ini :



Baiklah sesuai dengan judul postingan kali ini dimana saya akan menjelaskan mengenai bagaimana cara melaksanakan mutasi siswa atau penerima bimbing di dapodik 2019. Untuk penjelasannya silahkan simak tutorial di bawah ini yang akan saya lengkapi dengan gambar biar lebih terperinci dan gampang di pahami.

1. Langkah pertama silahkan anda login ke dalam aplikasi dapodik sekolah anda.


2. Setelah itu pada dashboard dapodik silahkan pilih hidangan "peserta didik" menyerupai pada tampilan di bawah ini


3. Kemudian akan tampil nama-nama penerima didik, lalu pilih salah satu nama penerima bimbing yang anda mutasikan dan lanjutkan dengan mengklik hidangan "Registrasi"




 4. Kemudian akan muncul tampilan menyerupai dibawah ini


5. Untuk melaksanakan mutasi siswa maka arahkan scrool ke bawah sehingga akan terlihat tampilan menyerupai di bawah ini

6. - Pada kolom No. 1 silahkan isi dengan pilihan "mutasi"

    - Pada kolom No. 2 silahkan isi dengan tanggal,bulan dan tahun dikala siswa akan di mutasi

    - Pada kolom No. 3 silahkan isi dengan pilihan "Alasan siswa tersebut di mutasi"

Apabila semua kolom telah diisi dengan benar maka lanjutkan dengan mengklik "simpan dan tutup"

Sebagai teladan pengisian lihat gambar di bawah ini


7. Untuk mengecek apakah siswa/peserta bimbing tersebut sudah benar-benar di mutasikan, maka anda sanggup mengeceknya dengan cara mengklik kembali hidangan penerima bimbing dan pilih goresan pena "PD KELUAR".
Apabila nama siswa/peserta bimbing tersebut muncul dengan status "Mutasi" berarti penerima bimbing tersebut telah berhasil di mutasi.

Sebagai teladan hasil mutasi siswa sanggup dilihat pada gambar di bawah ini


Utuk melaksanakan mutasi pada PTK caranya sama dengan cara di atas yaitu klik nama PTK yang akan di mutasi lalu ikuti langkah-langkah menyerupai di atas.

Demikianlah cara yang sanggup saya jelaskan pada postingan kali ini, semoga artikel ini sanggup bermanfaat bagi para operator sekolah yang memerlukan isu mengenai cara mutasi siswa dan PTK di dapodik.



 

0 komentar:

Post a Comment