Media Informasi Seputar pendidikan

Wednesday, December 12, 2018

Cara Login Aplikasi Sispena Terbaru Untuk Ratifikasi Sekolah



Artikel kali ini akan membahas mengenai cara untuk sanggup memakai Aplikasi Sispena dalam rangka melaksanakan pendataan sekolah dengan tujuan untuk mendapat legalisasi sekolah.
Akreditasi dalam dunia pendidikan mencakup legalisasi sekolah dan legalisasi perguruan tinggi tinggi.

Akreditasi merupakan suatu pengakuan dari pemerintah terhadap suatu forum pendidikan baik pendidikan negeri maupun pendidikan swasta. Akreditasi harus selalu di perbaharui selama 5 tahun sekali dengan tujuan untuk melihat hasil yang akan di capai selama periode tersebut.


Berbicara mengenai Akreditasi tentunya kita harus terlebih dahulu mengetahui aplikasi dasar yang di gunakan untuk melaksanakan penginputan data dan dokumen sekolah yang menjadi persyaratan utama sebelum melaksanakan legalisasi sekolah atau perguruan tinggi tinggi, aplikasi tersebut namanya yakni SISPENA.

Sispena merupakan sistem informasi penilaian legalisasi sekolah berbasis web yang sanggup dipakai dengan syarat harus terhubung memakai jaringan internet. Aplikasi sispena ini dibentuk dan dikelola oleh Badan Akrediasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M). Aplikasi sispena BAN – BAP SM sanggup di saluran baik memakai computer, ataupun android yang telah terhubung dengan jaringan internet.


BACA JUGA :


Aplikasi Sispena merupakan sebuah aplikasi yang sanggup di gunakan dengan banyak user. Dimana dalam penggunaanya setiap user akan dibedakan menjadi 4 Level, diantaranya yakni :

 1) Level Sekolah : yaitu dipakai oleh user yang mewakili masing-masing sekolah, dimana pada level ini di gunakan untuk menginput data dari pihak sekolah/madrasah serta untuk melaksanakan simulasi penilaian penilaian dan lain sebagainya.

2) Level Asesor : yaitu akun yang dimiliki oleh seorang assessor, untuk mengetahui sekolah mna saja yang telah melaksanakan pengisian data di aplikasi sispena yang memakai user sekolah.

3) Level BAP : yaitu akun / hak saluran yang dimiliki oleh admin BAP.

 4) Level Admin : yaitu level tertinggi pada hak saluran di situs sispena, pada tataran level ini seorang admin bisa mengakses seluruh isi / konten website, termasuk melaksanakan control web dan maintance web.

Dalam memakai aplikasi sispena terdapat beberapa manfaat yang sanggup di peroleh yaitu antara lain :
1) Aplikasi Sispena BAN S/M dan BAP dipakai untuk melaksanakan pendataan sekolah/madrasah yang hendak diakreditasi.

2) Aplikasi sispena BAN SM dan BAP dipakai untuk melaksanakan pengiriman berkas-berkas / dokumen persyaratan legalisasi dengan cara online. Persyaratan berkas legalisasi tidak perlu dikirim dalam bentuk hardcopy. anda cukup mendownload format yang sudah disediakan kemudian mengupload melalui akun sekolah masing-masing di aplikasi sispena.

 3) Aplikasi sispena BAN S/M dan BAP dipakai untuk melaksanakan penilaian terhadap sekolah yang diakreditasi. Semua instrumen penilian legalisasi akan di muat didalam aplikasi sispena tersebut.

4) Aplikasi sispena BAN SM atau BAP bisa melaksanakan penilaian otomatis kepada sekolah/madrasah yang di legalisasi melalui analisa hasil dari pengumpulan data berupa tanggapan atas pertanyaan berupa instrumen-instrumen serta dokumen-dokumen yang sudah diupload pihak sekolah/madrasah.

Beberapa tahapan yang harus dilakukan untuk melaksanakan legalisasi pada forum pendidikan yaitu sebagai berikut :
1) Sosialisasi dan pengisian data isisan legalisasi (DIA) dalam aplikasi Sispena.

2) Penetapan sekolah / Madrasah yang akan divisitasi dan penugasan Asesor

3) mengecek kelayakan Visitasi, apabila sekolah dikatakan layak maka akan masuk pada tahapan selanjutnya namun kalau ternyata sekolah dinyatakan tidak layak maka aka nada pemberitahuan kepada sekolah atau madrasah yang bersangkutan.

4) visitasi ke sekolah  Madrasah.

5) validasi proses dan hasil visitasi

6) verifikasi hasil validasi dan penyusunan rekomendasi

7) Penetapan hasil dan rekomendasi Akreditasi

8) Pengumuman hasil akreditasi

9) Penerbitan akta legalisasi dan rekomendasi.

Dalam rangka mengumpulkan informasi dan data wacana sekolah yang akan di legalisasi maka pihak BAN-S/M telah mengeluarkan suatu aplikasi online yang di sebut dengan SISPENA. Dengan Aplikasi ini maka sekolah sanggup melaksanakan pengisian data sesuai dengan jumlah isian dan pertanyaan yang telah di suguhkan dalam aplikasi tersebut.

Bagi anda yang mempunyai sekolah dan gres akan melaksanakan legalisasi maka sanggup melaksanakan pengisian data melalui aplikasi sispena tersebut, namun apabila anda belum mengetahui cara untuk login ke aplikasi sispena tersebut, maka pada artikel ini saya akan menunjukkan tutorial lengkap mengenai cara login ke aplikasi sispena untuk melaksanakan legalisasi sekolah.
Berikut ini klarifikasi mengenai cara login sispena BAN SM atau BAP terbaru :

1. Buka url: bansm.kemdikbud.go.id/sispena di halaman browser.


2. Akan muncul halaman login seperti terlihat di bawah ini.


3. Selanjutnya  masukkan  user  (NPSN)  dan  password  yang  dimiliki.
Untuk password default adalah NPSN juga


4. Masukkan kode pengaman  yang muncul secara acak pada form di bawahnya. dan klik link di sini untuk mengganti kode yang muncul apabila kode tidak jelas.


5. Kalau sudah user password dan kode pengaman terisi klik “login”


6. Apabila berhasil masuk maka, Sistem akan langsung menampilkan jendela form identitas sekolah yang sebagian besar telah terisi dari data dapodik/EMIS.


7. Khusus untuk Jenjang SMK, terdapat form isian kegiatan keahlian yang bisa diisi lebih dari satu kegiatan keahlian.


8. Selain itu, data yang wajib diisi sekolah yakni status legalisasi terakhir, tahun legalisasi serta visi dan misi. Setelah terisi selanjutnya klik “SUBMIT”


9. Selanjutnya sekolah mengklik Menu Data Isian Akreditasi atau DIA yang ada disamping kiri untuk memulai proses penginputan isian akreditasi.





Demikianlah tutorial mengenai cara untuk bisa login ke aplikasi sispena dan sanggup melaksanakan pengisian data sekolah memakai aplikasi sispena, agar tutorial ini sanggup bermanfaat buat anda yang sedang melaksanakan kegiatan akrditasi sekolah.

0 komentar:

Post a Comment