Media Informasi Seputar pendidikan

Friday, December 14, 2018

Cara Daftar/Registrasi Akun Operator Sekolah Di Sdm Pdsp



Sebagai seorang operator sekolah tentunya harus sudah mempunyai kemampuan dalam memainkan computer baik secara offline maupun secara online. Tugas seorang operator sekolah sangat berat mulai dari menginput data sekolah mengirim data secara online dan seluruh kelengkapan data sekolah ada pada genggaman seorang operator sekolah sehingga masuk akal jka seorang operator sekolah di juluki sebagai  jantungnya sekolah.

Untuk anda yang gres saja menjadi seorang operator sekolah maka artikel ini akan sangat bermanfaat buat anda lantaran di dalam artikel ini akan di bahas mengenai cara untuk mendaftar atau meregistrasi akun operator sekolah biar sanggup aktif dan sanggup di gunakan dalam kiprah sebagai operator sekolah.

Sebagai Operator sekolah wajib harus mempunyai akun operator , lantaran akun tersebut nantinya akan di gunakan untuk melaksanakan verval atau perbaikan data yang dilakukan secara online.
Akun operator sekolah sangat penting bagi seorang operator dimana kalau seorang operator sekolah tidak mempunyai akun operator maka yang bersangkutan tidak akan bisa login dan tidak bisa melaksanakan verval atau perbaikan data sekolah.

Verval yang wajib di ketahui oleh seorang operator sekolah diantaranya yaitu :
1. VERVAL SP
Verval SP bertujuan untuk melaksanakan verifikasi dan validasi data satuan pendidikan.
Selain itu verval SP juga berfungsi untuk menyidik dan memperbaiki data sekolah sehingga nantinya akan menghasilkan data sekolah yang valid sesuai dengan keadaan dan kondisi sekolah yang sebenarnya. Dalam melaksanakan verval SP yang sanggup di perbaiki datanya yaitu antara lain nama sekolah serta wilayah sekolah dan spasial (letak sekolah berdasrkan map).
Apabila ada data sekolah yang tidak sesuai dengan kenyataan yang sebetulnya maka verval SP merupakan cara yang paling sempurna dalam melaksanakan perbaikan data sekolah.
Hanya saja verval atau perbaikan data sekolah sanggup dilakukan dengan status online.

2. VERVAL PD
Verval PD merupakan verval penerima didik, yang tujuannya yaitu untuk melaksanakan verifikasi dan validasi data penerima didik. Apabila di dapati ternyata ada data-data penerima didik yang salah atau tidak sesuai dengan data yang sebetulnya maka verval PD merupakan daerah yang harus di kunjungi untuk melaksanakan perbaikan data penerima didik biar menghasilkan data yang valid dan sesuai dengan data real atau data yang sebenarnya.
Pada verval PD tumpuan kasus penerima didik yang sanggup di perbaiki yaitu antara lain perbaikan nama penerima didik, daerah dan tanggal lahir penerima didik, NISN penerima didik dan nama ibu penerima didik.
Untuk bisa berhasil dalam melaksanakan verval PD maka wajib harus melampirkan hasil scan ijazah atau dokumen lainnya sebagai bukti fisik yang menyatakan kebenaran data penerima didik tersebut.

3. VERVAL PTK
Verval PTK merupakan verval pendidik dan tenaga kependidikan dalam hal ini data guru dan data staff yang ada di sekolah.
Verval PTK bertujuan untuk memverifikasi dan memvalidasi data pendidik dan tenaga kependidikan.
Apabila terdapat data PTK yang salah, misalnya nama, daerah tanggal lahir, nomor  NUPTK dan data lainnya yang berafiliasi dengan data PTK yang tidak sesuai dengan data yang sebetulnya maka verval PTK merupakan daerah yang sempurna untuk melaksanakan perbaikan data PTK tersebut biar menghasilkan data yang valid dan sesuai dengan data yang sebenarnya.

Seluruh rangkaian kiprah operator sekolah yang telah saya jelaskan di atas tidak akan bisa dilakukan apabila seorang operator sekolah belum mempunyai akun operator sekolah dalam hal ini akun operator dapodik. Oleh lantaran itu akun operator sekolah sangat wajib di miliki oleh seorang operator sekolah biar sanggup melaksanakan login ke masing-masing data verval yang telah saya jelaskan di atas sehingga operator sekolah sanggup mempunyai terusan untuk melaksanakan perbaikan data sekolah, data penerima didik dan data PTK.

Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara biar sanggup mempunyai akun operator sekolah yaitu dengan cara melaksanakan pendaftaran akun operator sekolah, namun untuk bisa melaksanakan pendaftaran maka ada beberapa syarat yang harus di lengkapi.

Syarat utama yang harus disiapkan sebelum melaksanakan pendaftaran akun operator dapodik yaitu harus menyiapakan surat kiprah atau surat perintah sebagai operator sekolah (dapodik ) yang di tandatangani oleh atasan pribadi dalam hal ini kepala sekolah, selain itu operator sekolah juga harus menyiapkan satu buah email yang masih aktif yang nantinya email tersebut di gunakan sebagai username dikala melaksanakan login apabila akun operator sekolah telah di aktifkan.

Apabila anda belum mempunyai surat kiprah sebagai seorang operator dapodik maka anda sanggup melihat misalnya pada judul yang telah saya siapkan di bawah ini :


Berikut ini akan saya jelaskan secara terperinci dan saya jelaskan dalam bentuk gambar cara melaksanakan pendaftaran atau daftar akun operator sekolah dengan tujuan biar gampang di pahami.

1. Silahkan kunjungi link di bawah ini :
Sehingga akan tampil menyerupai pada gambar di bawah ini :


2. Kemudian pilih sajian “Registrasi Anggota “ dan pilih “operator sekolah”. Seperti pada gambar di bawah ini :


3. Setelah itu isi semua biodata sesuai dengan kolom data yang sudah di persiapkan termasuk mengupload surat kiprah yang telah di scan dan di upload pada kolom data “surat penugasan” dan apabila sehabis jawaban mengisi maka klik goresan pena “REGISTRASI” pada bab paling bawah.
Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar di bawah ini :



Apabila seluruh langkah di atas telah di lakukan dengan benar maka kiprah anda untuk melaksanakan pendaftaran akun operator sekolah telah selesai.

Untuk memastikan apakah akun yang anda daftarkan tersebut telah diterima oleh pihak sentra dan telah di aktifkan, maka anda sanggup melaksanakan pengecekkan keaktifan akun dengan cara di bawah ini:

1. Pilih sajian “status pendaftaran” pada sajian bab atas. Seperti pada gambar di bawah ini :


2. Setelah itu masukkan email sesuai dengan alamat email yang telah anda gunakan dikala awal pendaftaran di akun operator sekolah. Jika sudah lanjutkan dengan mengklik “ CEK”
Lihat gambar di bawah ini :


3. Apabila akun anda telah aktif, maka akan muncul goresan pena peringatan “akun sudah aktif,silahkan login” Seperti pada gambar di bawah ini :



Jika akun operator anda telah aktif, maka sekarang anda sanggup login memakai akun tersebut untuk melaksanakan verval SP,verval PD dan verval PTK.

Demikianlah tutorial yang sanggup saya bagikan mengenai cara daftar/registrasi akun operator dapodik di SDM PDSP, semoga postingan ini sanggup bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.

Jangan lupa untuk meninggalkan pesan,komentar,kritikan,pertanyaan atau masukkan yang membangun mengenai artikel ini, biar blog yang saya kelola ini sanggup menjadi lebih baik dan sesuai dengan keinginan pengunjung yang membutuhkan informasi.

0 komentar:

Post a Comment