KATA PENGANTAR
Alhamdulillah was syukru lillah, bagi Allah Swt. segala puji yang memiliki kesempurnaan segalanya. Kita memuji dan memohon pertolongan, ampunan, dan berlindung kepada-Nya, untuk menuju kebahagiaanyang amat dirindukan, kebahagiaan yang tiada kekal dan yang kekal. Dengan rahmat, hidayah, inayah, dan pertolongan-Nya, buku Aqidah Akhlaq (untuk guru) ini dapat tersusun.
Dalam struktur ajaran Islam, pendidikan akhlak merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan, dibumi Indonesia seolah-olah akhlak menjadi barang langka disebabkan degradasi moral bangsa.
Dengan kemunculan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi yang utuh antara sikap, pengetahuan dan keterampilan, selain itu, Peserta Didik tidak hanya diharapkan bertambahan pengetahuan dan wawasan dan memiliki sikap yang baik, juga meningkatkan kecakapan dan keterampilannya serta semakin mulia karakter dan kepribadiannya atau berbudi pekerti yang agung.
Buku Meneladani Akhlak ini ditulis dengan semangat jihad fi sabilillah. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik dalam usaha untuk memahami pengetahuan agama dan mengaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan pedoman keagamaan, baik dalam bentuk ibadah maghdhah (ritual) maupun ghoiru mahdhah (sosial).
Peran guru sangat vital untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan kesediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru dapat memperkaya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam sekitar.
Kami menyadari bahwa segala kekurangan dan kekhilafan dalam metodologi maupun substansi. Oleh sebab itu, sumbangsih saran dan kritik yang konstruktif selalu diharapkan untuk perbaikan penyusunan buku selanjutnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua, amin.
Atas kontribusi yang ada kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi muda.
Pedoman Transliterasi Arab-Latin
Berikut ini adalah pedoman transliterasi yang diberlakukan berdasarkan Keputusan Bersama Mentri Agama dan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 158 Tahun 1987 dan Nomor 0543/b/u/1987.
Konsonan
No
Arab
Latin
No
Arab
Latin
No
Arab
Latin
1
أ
Tidak dilambangkan
11
ز
z
21
ق
q
2
ب
b
12
س
s
22
ك
k
3
ت
t
13
ش
sy
23
ل
l
4
ث
ṡ
14
ص
ṣ
24
م
m
5
ج
j
15
ض
ḍ
25
ن
n
6
ح
ḥ
16
ط
ṭ
26
و
w
7
خ
kh
17
ظ
ẓ
27
ه
h
8
د
d
18
ع
’
28
ء
ṅ
9
ذ
ż
19
غ
g
29
ي
y
10
ر
r
20
ف
f
2. Vokal Pendek 4. Diftong
ــــَــــ = a كَتَبَ kataba ــــَيْ = ai كَيْفَ kaifa
ــــِــــ = i سُئِلَ su ̇ ila ــــَوْ = au حَوْلَ ḥaula
ــــُــــ = u يَذْهَبُ yażhabu
3. Vokal Panjang
ــــَــــا = ā قَالَ qāla
ــــِــــي = ī قِيْلَ qīla
ــــُــــو = ū يَقُوْلُ yaqūlu
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR PENULIS
KATA SAMBUTAN DIREKTUR
TRANSLITERASI
DAFTAR ISI
PENDAHULUAN
PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU
KELAS VII, SEMESTER I
BAB 1: AQIDAH ISLAMIYAH
Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Materi Pokok (Point)
Proses Pembelajaran
Soal-Soal
Penilaian
Pengayaan
Remedial
Interaksi Guru Dengan Orang Tua
BAB 2: SIFAT-SIFAT ALLAH
Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Materi Pokok (Point)
Proses Pembelajaran
Soal-Soal
Penilaian
Pengayaan
Remedial
Interaksi Guru Dengan Orang Tua
BAB 3: TAAT, IKHLAS, KHAUF, DAN TAUBAT
Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Materi Pokok (Point)
Proses Pembelajaran
Soal-Soal
Penilaian
Pengayaan
Remedial
Interaksi Guru Dengan Orang Tua
BAB 4: ADAB SHOLAT DAN DZIKIR
Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Materi Pokok (Point)
Proses Pembelajaran
Soal-Soal
Penilaian
Pengayaan
Remedial
Interaksi Guru Dengan Orang Tua
BAB 5: KETELADANAN NABI SULAIMAN AS.
Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Indika
0 komentar:
Post a Comment