Media Informasi Seputar pendidikan

Tuesday, December 11, 2018

BUKU AJAR AKIDAH AKHLAK KELAS VII MTs KURIKULUM 2013


KATA PENGANTAR

Alhamdulillah was syukru lillah, bagi Allah Swt. segala puji  yang memiliki kesempurnaan segalanya. Kita  memuji  dan  memohon  pertolongan,  ampunan,  dan  berlindung  kepada-Nya,  untuk menuju kebahagiaanyang amat dirindukan, kebahagiaan yang tiada kekal dan yang kekal. Dengan  rahmat, hidayah, inayah, dan pertolongan-Nya, buku Aqidah Akhlaq (untuk guru)  ini dapat tersusun.
Dalam struktur ajaran Islam, pendidikan akhlak  merupakan suatu hal yang penting dalam kehidupan, dibumi Indonesia seolah-olah akhlak menjadi barang langka disebabkan degradasi moral bangsa.
Dengan kemunculan Kurikulum 2013 yang dirancang untuk mengembangkan kompetensi yang utuh antara sikap, pengetahuan dan keterampilan, selain itu, Peserta Didik tidak hanya diharapkan bertambahan pengetahuan dan wawasan dan memiliki sikap yang baik, juga meningkatkan kecakapan dan keterampilannya serta semakin mulia karakter dan kepribadiannya atau berbudi pekerti yang agung.
Buku Meneladani Akhlak ini ditulis dengan semangat jihad fi sabilillah. Pembelajarannya dibagi ke dalam beberapa kegiatan keagamaan yang harus dilakukan peserta didik dalam usaha untuk memahami pengetahuan agama dan mengaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian yang sesuai dengan pedoman keagamaan, baik dalam bentuk ibadah maghdhah (ritual) maupun ghoiru mahdhah (sosial).
Peran guru sangat vital untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap peserta didik dengan kesediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Guru dapat memperkaya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam sekitar.
Kami menyadari bahwa segala kekurangan dan kekhilafan dalam metodologi maupun substansi. Oleh sebab itu, sumbangsih saran dan kritik yang konstruktif selalu diharapkan untuk perbaikan penyusunan buku selanjutnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua, amin.
Atas kontribusi yang ada kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi muda.
 Pedoman Transliterasi Arab-Latin

Berikut ini adalah pedoman transliterasi yang diberlakukan berdasarkan Keputusan Bersama Mentri Agama dan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 158 Tahun 1987 dan Nomor 0543/b/u/1987.

Konsonan

No
Arab
Latin

No
Arab
Latin

No
Arab
Latin

1
أ
Tidak dilambangkan

11
ز
z

21
ق
q

2
ب
b

12
س
s

22
ك
k

3
ت
t

13
ش
sy

23
ل
l

4
ث


14
ص


24
م
m

5
ج
j

15
ض


25
ن
n

6
ح


16
ط


26
و
w

7
خ
kh

17
ظ


27
ه
h

8
د
d

18
ع


28
ء


9
ذ
ż

19
غ
g

29
ي
y

10
ر
r

20
ف
f







2. Vokal Pendek 4. Diftong
ــــَــــ =   a كَتَبَ kataba ــــَيْ =  ai     كَيْفَ kaifa
ــــِــــ =   i سُئِلَ su ̇ ila ــــَوْ =  au    حَوْلَ ḥaula
ــــُــــ =   u يَذْهَبُ yażhabu

3. Vokal Panjang
ــــَــــا =   ā قَالَ qāla
ــــِــــي =    ī قِيْلَ qīla
ــــُــــو =   ū يَقُوْلُ yaqūlu

 DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR PENULIS
KATA SAMBUTAN DIREKTUR
TRANSLITERASI
DAFTAR ISI
PENDAHULUAN
PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU

KELAS VII, SEMESTER I
BAB 1: AQIDAH ISLAMIYAH
Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Materi Pokok (Point)
Proses Pembelajaran
Soal-Soal
Penilaian
Pengayaan
Remedial
Interaksi Guru Dengan Orang Tua

BAB 2: SIFAT-SIFAT ALLAH
Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Materi Pokok (Point)
Proses Pembelajaran
Soal-Soal
Penilaian
Pengayaan
Remedial
Interaksi Guru Dengan Orang Tua

BAB 3: TAAT, IKHLAS, KHAUF, DAN TAUBAT
Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Materi Pokok (Point)
Proses Pembelajaran
Soal-Soal
Penilaian
Pengayaan
Remedial
Interaksi Guru Dengan Orang Tua

BAB 4: ADAB SHOLAT DAN DZIKIR
Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
Tujuan Pembelajaran
Materi Pokok (Point)
Proses Pembelajaran
Soal-Soal
Penilaian
Pengayaan
Remedial
Interaksi Guru Dengan Orang Tua

BAB 5: KETELADANAN NABI SULAIMAN AS.
Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Indika

0 komentar:

Post a Comment