Media Informasi Seputar pendidikan

Sunday, December 9, 2018

Biografi Dosen KTI Kami MPI 2A

Nama   : Ahmad Miftakhus Surur
NIM    : 1403036008
Kelas   : MPI 2A
BIOGRAFI M. RIKZA CHAMAMI, M.S.I
Assalamualaikum wr. Wb.
Lahir di Kerandon, kota Kudus pada tanggal 20 maret 1980 dari pasangan Chamami Tholchah dan Masfiyah Masruhan. Beliau merupakan salah satu dosen di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang yang memiliki karya dan perjuangan yang menarik dalam kehidupannya. Sehingga tak heran bila kisahnya saya rangkai dilembaran kertas putih ini.
Waktu yang telah mempertemukan beliau dengan pendamping hidupnya dimulai dari tanggal 12 september 2004. Seorang istri bernama Yolha Ulfana dan dikaruniai dua orang anak laki- laki dan perempuan yaitu Iqlima Naqiyya dan M. Ijlal Azamy.
Beliau memulai pendidikan mulai dari TK sampai SD di Nawa Kartika Langgardalem Kudus. Setelah tamat kelas 6 SD, dan beliau melanjutkan pendidikan selanjutnya di MTs dan MA di tempat yang sama. Selain pendidikan formal beliau juga menempuh pendidikan non formal di yaitu di Madrasah Mu’awanatul Muslimin Kudus.
Sejak masih kecil beliau menyukai bidang tulis menulis, beliau sangat menyukai bidang tersebut dari SD. Dan pelajaran bahasa indonesialah guru yang mengajarkan pelajaran tersebut menjadi guru favorit beliau. Beliau sering mendapatka tugas untuk selalu menulis hal-hal apa saja yang ada dirumah mulai dari berangkat sekolah untuk di laporkan kepada gurunya, termasuk tugas- tugas mengarang lainya.
Dan pada saat Mts beliau menulis sedikit demi sedikit mulai dari puisi,l cerpen, yang beliau kirim kemajalah- majalahyng ada disekolahnya. Dimuatnya karya- karya beliau, beliau menjadi termotivasi untuk selalu berkarya di dunia tulis menulis,dan merupakan karya pertama yang dimuat dalam majalah. Sehingga pada saat madrasah Aliyah sangat bersemangat dan bergabung dengan redaksi majalah yang ada disekolahnya dan jurnalistik menjadi hobi yang favorit dibanding yang lain.
Pada kelas X madrasah Aliyah beliau dikirim untuk mengikuti pelatihan jurnalistik di mdrasah futuhiyah Mranggen yang di ajar oleh Bapak Jabir Al-Faruqi yang sekarang yang menjadi mantan ansor jawa tengah.
Kemudian pada kelas XI beliau menjadi pimpinan redaksi yang serig diminta untuk wawancara para tokoh seperti halnya Gus DUR, KH Kholil Bisri, wakil Gubernurn jawa tengah yang menjadi engalaman luar biasa bagi seorang Rikza chamami MSI. Dan pada saat MA  beliau banyak memenangkan lomba dalam banyak kegiatan.
Setelah beliau masuk perguruan tinggi beliau juga sama beliau nmengikuti kegiatan lembaga pers Mahasiswa(LPM) edukasi, surat kabar Mahasiswa(SKM) AMANAT. Dan pada semester 2 beliau mulai mengirim karya- karyanya ke koran dan untuk pertama kalinya tulisan beliau di muat di koran SUARA MERDEKA. Dan setelah itu banyak karya beliau yang dimuat oleh koran- koran lokal daerah.
Dan berangkat dari pngalaman itulah, beliau menulis sampai sekarang yang menjadi hobi beliau selain hobi beliau meneliti. Temasuk visi yang dipegang beliau adalah ”Lebih baik matidari pada hidup tidak berkarya” karena  bagi beliau ketika seorang RIKZA CHAMAMI sudah tidak ada maka yang akan berbicara adalah tulisannya. Karena menulis atau berkarya adalah berbicara denagan melalui tuliusan dengan pena kita yang dimana orang akan mengenal beliau walaupun belum pernah meliahat beliau secara langsung namun ia akan  mengenal seorang RIKZA CHAMAMI lewat karya- karya beliau.
Sekian sedikit kisah mengenai M RIKZA CHAMAMI M.SI seorang dosen pengampu mata kuliah Karya Tulis Ilmiah(KTI) di UIN WALISONGO SEMARANG yang banyak menginspirasi kami anak didiknya untuk menulis karya- karya yang bermanfaat. Semoga kisah ini bisa bermanfaat bagi kita semua amiin.

Wassalamualaikum wr. Wb.

0 komentar:

Post a Comment