Media Informasi Seputar pendidikan

Sunday, November 25, 2018

Kriteria Guru TK PAUD Yang Ideal




Guru-guru Taman Kanak Kanak / TK selain harus memiliki modal kerja untuk mendidik peserta didik, juga harus memiliki kriteria tertentu. Perlunya modal kerja kerja seorang Guru TK idealnya adalah seorang profesional yang terdidik dan terlatih dengan baik, serta memiliki pengalaman yang kaya dibidangnya. Pengertian terdidik disini adalah mereka yang memiliki bekal pendidikan formal. Idealnya Guru TK memiliki kualifikasi akademik minimal berpendidikan Strata 1 (S1) dalam bidang apapun. Namun tak berarti mereka yang berpendidikan setingkat SLTP ataupun SLTA tidak boleh mengajar peserta didik TK karena pada dasarnya yang dibutuhkan seorang Guru TK adalah kemampuan nya yang setingkat sarjana Strata 1 bukan dilihat dari Ijazahnya.

Memang faktanya sebagian besar Guru Pendidikan Anak Usia Dini / PAUD termasuk didalamnya Guru TK belum sarjana. Berdasarkan data yang diungkapkan oleh Direktur Pembinaan PAUD Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kemdikbud RI ibu Ella Yalaelawati seperti di kutip halaman beritasatu.com bahwa jumlah Tenaga Kependidikan PAUD saat ini sebanyak 588.475 orang. 

Dari jumlah tersebut sebanyak 22.972 orang berlatar belakang pendidikan SLTP dan 289.762 berpendidikan SLTA. Kemudian lulusan akademik Diploma sebanyak 75.678 orang dan berpendidikan Strata 1 / S1 sebanyak 196.181 orang selanjutnya Guru dan Tenaga Kependidikan lulusan Strata 2 / S2 terdapat 3.882 orang.

Kriteria lain yaitu terlatih dengan baik, Guru TK haruslah seorang guru yang menguasai teknik mendidik, memiliki pengetahuan tentang cara-cara mendidik maupun membuat rancangan kegiatan (Mingguan dan Harian) dan mampu mengorganisasikan kelas. Dan juga mengetahui cara menghadapi berbagai macam permasalahan anak mulai dari perkelahian antar anak sampai dengan menggiatkan kelompok belajar.

Guru-guru TK niscaya membutuhkan pelatihan-pelatihan untuk mampu mendidik anak-anak usia TK. Pelatihan-pelatihan ini menyangkut penguasaan kurikulum, pengetahuan tentang kompetensi dasar yang mesti dibekalkan ke anak didik. Metode-metode yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan kurikulum dan lain-lain. Pelatihan yang paling dibutuhkan tentu saja materi bermain sebagai metode untuk penanaman nilai-nilai yang diharapkan disemaikan dalam jiwa anak-anak TK.

Kriterai lain pengalaman yang kaya dibidangnya. Mereka yang sudah lama menjadi guru TK pasti akan lebih lihai dalam menghadapi anak peserta didik yang masih berusia dini ini dibanding para Guru pemula. Bagaimana cara menangani anak yang pemberontak, perengek, pengganggu dan lain-lain ? Pengalaman yang panjang karena itu diharapkan dalam meningkatkan Kompetensi Guru TK untuk menjalankan tugasnya.

Selanjutnya krteria kecintaan yang tulus pada anak, berminta pada perkembangan anak, bersedia mengembangkan potensi yang dimiliki anak, hangat dalam bersikap dan bersedia bermain dengan anak. Kata kuncinya disini adalah mencintai anak, jika rasa cinta pada anak-anak sudah muncul didalam hatinya maka sikap-sikap berikutnya akan mengikut seperti memperhatikan, memedulikan, bersimpati, berempati, sikap hangat dan seterusnya.

Guru TK adalah Guru yang konsisten sekaligus luwes dan licah dalam menghadapi kebutuhan minat dan kemampuan anak.

Kriteria Guru yang Ideal Belum Tentu Dapat Dipenuhi oleh Seorang Guru TK Namun yang Penting adalah Usaha Kearah Itu.




Referensi : //Anggun.PAUD.Kemdikbud//Nugroho, Aktifis Pendidikan


0 komentar:

Post a Comment